PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS E-LEARNING MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DAN KESIAPAN BELAJAR PESERTA DIDIK SMP SALMAN AL FARISI

DINI WIDIANTI, NPM : 198060004 (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS E-LEARNING MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DAN KESIAPAN BELAJAR PESERTA DIDIK SMP SALMAN AL FARISI. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
Jurnal Tesis Dini Widianti (198060004).docx

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan pada kondisi pembelajaran saat covid-19, kebutuhan penyusunan bahan ajar oleh guru di sekolah, kemampuan literasi matematis belum berkembang, dan kurangnya kesiapan belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berbasis e-learning pada materi Transformasi Geometri bagi pesera didik kelas IX, menganalisis efektivitas bahan ajar berbasis e-learning berorientasi pada kemampuan literasi matematis peserta didik, menganalisis kesiapan belajar peserta didik, serta menganalisis korelasi antara kemampuan literasi matematis dengan kesiapan belajar peserta didik. menggunakan pengembangan Research and Development (R&D) mengacu pada model pengembangan yang dikemukakan oleh Plomp terdiri dari lima fase. Subjek penelitian ini adalah 24 peserta didik kelas IX SMP Salman Al Farisi Bandung. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi, angket, tes kemampuan literasi matematis, lembar observasi, wawancara, dan studi dokumentasi berupa refleksi pembelajaran. Hasil validasi bahan ajar memperoleh skor rata-rata 4,8 (sangat layak) dari ahli materi, skor rata-rata 4,8 (sangat layak) dari ahli media, dan skor rata-rata 4,9 (sangat layak) dari peserta didik satu tingkat di atas. Persentase angket respon peserta didik sebesar 79% pada uji pemakaian kategori baik. Hasil kemampuan literasi matematis peserta didik berdasarkan enam level PISA menunjukkan bahwa telah tercapai ketuntasan belajar sebesar 83,3% dan penggunaan bahan ajar berbasis e-learning efektif digunakan selama pembelajaran dengan nilai effect size sebesar 6,75 kategori besar. Hasil kesiapan belajar peserta didik mencapai persentase 80% dengan kriteria baik. Hasil korelasi antara kemampuan literasi matematis dan kesiapan belajar peserta didik diperoleh kesimpulan memiliki korelasi yang kuat dengan nilai 0,744. Kata kunci: Bahan ajar berbasis e-learning, kemampuan literasi matematis, kesiapan belajar.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2022
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 19 Mar 2022 04:31
Last Modified: 19 Mar 2022 04:31
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/56325

Actions (login required)

View Item View Item