PENDUGAAN UMUR SIMPAN MAKARONI TEPUNG KOMPOSIT (TEPUNG LABU KUNING, TEPUNG TALAS, DAN TEPUNG BERAS) DENGAN JENIS KEMASAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN ARRHENIUS METODE ASLT

Ristia, Mayang Hapsari (2022) PENDUGAAN UMUR SIMPAN MAKARONI TEPUNG KOMPOSIT (TEPUNG LABU KUNING, TEPUNG TALAS, DAN TEPUNG BERAS) DENGAN JENIS KEMASAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN ARRHENIUS METODE ASLT. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
RISTIA MAYANG HAPSARI_153020136_TEKNOLOGI PANGAN.pdf

Download (965kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk menduga umur simpan makaroni tepung komposit (tepung labu kuning, tepung talas, dan tepung beras) dengan jenis kemasan menggunakan pendekatan Arrhenius metode ASLT sehingga mendapat manfaat yaitu memberikan informasi mengenai umur simpan makaroni tepung komposit (tepung labu kuning, tepung talas, dan tepung beras). Metodologi yang digunakan pada pendugaan umur simpan ini menggunakan metode Acclerated Shelf Life Testing model Arrhenius dengan parameter kadar air dan jumlah total mikroba. Hasil pendugaan umur simpan makaroni tepung komposit (tepung labu kuning, tepung talas, dan tepung beras) yang terpilih adalah berdasarkan nilai energi aktivasi terendah pada kemasan polypropylene yaitu parameter jumlah total mikroba yang memiliki umur simpan 28,00 hari pada suhu 25oC dan 27,29 hari pada suhu 35oC. Sedangkan pada parameter kadar air memiliki nilai energi aktivasi tertinggi yaitu pada suhu 25oC memiliki umur simpan 46,24 hari dan pada suhu 35oC memiliki umur simpan 40,84 hari. Hasil pendugaan umur simpan makaroni tepung komposit (tepung labu kuning, tepung talas, dan tepung beras) yang terpilih adalah berdasarkan nilai energi aktivasi terendah pada kemasan Bioplastik yaitu parameter jumlah total mikroba yang memiliki umur simpan 21,38 hari pada suhu 25oC dan 20,64 hari pada suhu 35oC. Sedangkan pada parameter kadar air memiliki nilai energi aktivasi tertinggi yaitu pada suhu 25oC memiliki umur simpan 24,75 hari dan pada suhu 35oC memiliki umur simpan 21,08 hari. Kata kunci: makaroni tepung komposit, umur simpan, arrhenius.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 18 Mar 2022 04:38
Last Modified: 18 Mar 2022 04:38
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/56313

Actions (login required)

View Item View Item