KEMITRAAN BADAN KERJA SAMA ANTAR PARLEMEN (BKSAP) DPR RI DENGAN PARLEMEN KOLOMBIA DALAM UPAYA IMPLEMENTASI SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGS) DI INDONESIA

Zakiya Lin Sakhsiya Zakaria, 172030187 (2022) KEMITRAAN BADAN KERJA SAMA ANTAR PARLEMEN (BKSAP) DPR RI DENGAN PARLEMEN KOLOMBIA DALAM UPAYA IMPLEMENTASI SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGS) DI INDONESIA. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB II.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB I.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK 3 BAHASA.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (95kB) | Preview

Abstract

25 September 2015 menjadi titik sejarah baru dalam pembangunan global. Sebanyak 193 kepala negara dan pemerintahan dunia secara resmi berkomitmen mengimplementasikan Sustainable Development Goals (SDGs) 2030, yang memuat 17 tujuan dan 169 target. SDGs bertujuan dalam pembangunan ekonomi, sosial dan lingkungan berdasarkan prinsip universal, terintegrasi, inklusif dan memastikan “no one is left behind” . Sejalan dengan perumusan SDGs di tingkat global, Indonesia juga mengarusutamakan SDGs dalam agenda pembangunan nasional dengan menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN). Parlemen adalah salah satu pilar demokrasi dan katalisator utama dalam pencapaian SDGs. Selain memiliki fungsi legislasi, anggaran, dan pengawasan, DPR RI memiliki fungsi diplomasi parlemen. Sebagai upaya implementasi fungsi diplomasi parlemen, dibentuklah Alat Kelengkapan Dewan, yaitu Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP). BKSAP DPR RI sebagai focal point diplomasi parlemen membangun kemitraan internasional dalam mendorong terlaksana dan tercapainya tujuan-tujuan SDGs. Kolombia merupakan salah satu negara yang menjadi prioritas diplomasi parlemen dalam meningkatkan hubungan bilateral. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemitraan BKSAP DPR RI dengan Parlemen Kolombia dalam upaya implemenasi SDGs di Indonesia. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah Deskriptif-Kualitatif. Dalam tujuan ke-17 (Kemitraan Untuk Mencapai Tujuan), diplomasi telah mampu mendukung peningkatan kerja sama antara Indonesia dan Kolombia dalam hal peningkatan ekspor non-migas Indonesia ke Kolombia, peningkatan investasi Kolombia di Indonesia, dan pengembangan serta diversifikasi kerja sama bilateral lainnya yang meliputi pendidikan dan pariwisata. Kata Kunci : Sustainable Development Goals (SDGs/TPB), Diplomasi Parlemen, Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI, Kerja Sama Indonesia-Kolombia.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2017
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 15 Mar 2022 03:04
Last Modified: 15 Mar 2022 03:04
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/56232

Actions (login required)

View Item View Item