RESPON TIONGKOK TERHADAP KOREA SELATAN ATAS DIBANGUNNYA TERMINAL HIGH ALTITUDE AREA DEFENSE (THAAD) TERHADAP HUBUNGAN KEBUDAYAAN KOREA SELATAN DENGAN TIONGKOK

Yenggi Rahmat Pebrianto, 172030037 (2022) RESPON TIONGKOK TERHADAP KOREA SELATAN ATAS DIBANGUNNYA TERMINAL HIGH ALTITUDE AREA DEFENSE (THAAD) TERHADAP HUBUNGAN KEBUDAYAAN KOREA SELATAN DENGAN TIONGKOK. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak 3 Bahasa.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (443kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas respon dari Tiongkok karena disepakatinya suatu Kerjasama Korea Selatan dengan Amerika Serikat saat instalasi dan penempatan suatu penangkal rudal milik Amerika Serikat yaitu THAAD yang merupakan salah satu upaya perlindungan Korea Selatan dalam perlindungan keamanan dari Korea Utara. Serta mengulas usaha Korea Selatan baik pihak swasta maupun pemerintah dalam mentiadakan atau menghapus larangan budaya Korea Selatan di Tiongkok. Penelitian ini berfokus pada Budaya Korea Selatan yang di larang di Tiongkok. Penelitian ini menggunakan teori kepentingan nasional sebagai alat Analisa. Adapun tujuan - tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui respon dari Tiongkok dengan adanya instalasi THAAD di Korea Selatan, dan bagaimana cara Korea Selatan mengatasi permasalahan ini menggunakan soft diplomasi. Sedangkan manfaat dan penggunanaan penelitian ini, diharapkan bisa memberikan informasi tambahan bagi penulis dan pembaca. Dalam penelitian ini, salah satu metode yang digunakan penulis adalah metode Penelitian Kualitatif Deskriptif di mana bertujuan untuk mendeskripsikan banyaknya fenomena - fenomena yang ada seperti aktivitas, karakteristik, hubungan dan kemudian diinterpretasikan. Dalam hal ini, fenomena yang diangkat oleh penelitian ini ialah mengenai respon dari Tiongkok dengan adanya instalasi THAAD di Korea Selatan. Dengan penelitian kualitatif deskriptif ini merupakan upaya untuk melaporkan apa yang akan terjadi. Dari hasil analisis ini, didapatkan hasil bahwa kepentingan negara memang sangatlah penting bagi suatu negara tersebut, dan harus mengambil jalan yang tidak salah yang bisa merugikan negaranya sendiri. Dalam mencapai kepentingan nasional peran yang dilakukan suatu negara tidak hanya oleh pemerintah, melainkan ada dari pihak swasta juga dapat ikut berpartisipasi. Kata Kunci : Budaya, Tiongkok, Korea Selatan, THAAD, Kepentingan nasional.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2017
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 12 Mar 2022 03:06
Last Modified: 12 Mar 2022 03:06
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/56183

Actions (login required)

View Item View Item