PENAMPILAN PERANAN SOSIAL MAHASISWA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19

Wildan Muhammad Fauzi, 172020074 (2022) PENAMPILAN PERANAN SOSIAL MAHASISWA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
4. Bab 1.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Abstrak.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Bab 2.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. Kata Pengantar.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. Daftar Isi.pdf

Download (117kB) | Preview

Abstract

Pandemi Covid-19 merupakan musibah yang memilukan seluruh penduduk bumi. Seluruh segmen kehidupan manusia di bumi terganggu, tanpa kecuali pendidikan. Pandemi yang saat ini masih terus berlangsung membawa perubahan pada sistem pembelajaran yang awalnya belajar secara tatap muka kini semua pembelajaran dilakukan secara daring (online). Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan penampilan peranan sosial mahasiswa, motivasi belajar mahasiswa, dan Implikasi praktik pekerjaan sosial mahasiswa dalam terwujudnya pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini terdiri dari mahasiswa Universitas Pasundan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam melalui sosial media Whatsapp, observasi partisipan, dan penelusuran data sekunder. Hasil penelitian dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan analisis koding dan kategorisasi, keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data dan member checking. Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi belajar mahasiswa mengalami penurunan karena situasi dan kondisi yang sulit untuk bersemangat dalam mengikuti pembelajaran daring. Mahasiswa lebih tertarik pada materi yang disampaikan pada saat tatap muka, karena lebih mudah dimengerti dan dalam pembelajarannya lebih efektif. Pemberlakuan metode pembelajaran daring ini terdapat banyak hambatan seperti kuota internet yang terbatas, dan ditambah dengan tugas-tugas yang menumpuk sehingga membuat mahasiswa jenuh dalam pembelajaran daring. Rekomendasi terhadap pemerintah dan pihak kampus harus lebih meningkatkan pengetahuan tentang pembelajaran daring agar motivasi belajar mahasiswa meningkat dan untuk mahasiswa harus beradaptasi dengan baik pada metode pembelajaran daring ini agar pembelajaran bisa dilaksanakan dengan efektif. Kata Kunci : Motivasi belajar, Pembelajaran daring, Covid-19

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Kesejahteraan Sosial 2017
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 12 Mar 2022 02:59
Last Modified: 12 Mar 2022 02:59
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/56179

Actions (login required)

View Item View Item