PENERAPAN MODEL INVESTIGASI KELOMPOK DALAM MENULIS TEKS EKSPLANASI MELALUI TEKNIK TES RUMPANG SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMK JAYABEKA 01 KARAWANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Maya Rohmaya, NPM : 178090031 (2022) PENERAPAN MODEL INVESTIGASI KELOMPOK DALAM MENULIS TEKS EKSPLANASI MELALUI TEKNIK TES RUMPANG SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMK JAYABEKA 01 KARAWANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
MAYA ROHMAYA (178090031)_MBI.docx

Download (64kB)

Abstract

Rohmaya, Maya. 2022. Penerapan Model Investigasi Kelompok dalam Menulis Teks Eksplanasi melalui Teknik Tes Rumpang serta Dampaknya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI SMK Jayabeka 01 Karawang Tahun Pelajaran 2021-2022. Program studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Pascasarjana Universitas Pasundan Bandung. Pembimbing (I) Dr. Hj. R. Panca Pertiwi Hidayati, M.Pd. (II) Dr. H. Uus Toharudin, M.Pd. Permasalahan yang penulis rumuskan adalah; (1) Bagaimanakah proses pembelajaran peserta didik dalam menulis teks eksplanasi yang menggunakan model investigasi kelompok melalui teknik tes rumpang daripada peserta didik yang memperoleh pembelajaran secara ekspositori? (2) Adakah peningkatan kemampuan peserta didik dalam menulis teks eksplanasi melalui teknik tes rumpang yang menggunakan model investigasi kelompok daripada peserta didik yang memperoleh pembelajaran secara ekspositori? (3) Adakah terdapat pengaruh model investigasi kelompok dalam menulis teks eksplanasi melalui teknik tes rumpang terhadap kemampuan berpikir kritis daripada peserta didik yang memperoleh pembelajaran secara ekspositori?. Penelitian ini menggunakan mix method atau menggabungkan metode kualitatif dan kuantitatif dalam pengolahan data. Penelitian ini menyajikan hasil pembelajaran menulis teks eksplanasi melalui teknik tes rumpang. Berdasarkan hasil penelitian, didapat kesimpulan bahwa pembelajaran menulis teks eksplanasi melalui teknik tes rumpang berdampak terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Selain itu juga dapat menjadi alternatif pemilihan metode pembelajaran di kelas. Terbukti dari hasil pretes rata-rata peserta didik kelas eksperimen mendapatkan 52,3, sementara perolehan rata-rata nilai postes 77,7 yang menunjukan kenaikan nilai. Begitu pula dengan nilai rata-rata pretes berpikir kritis peserta didik yaitu 19,3, sementara nilai rata-rata postes 50,8, juga menunjukan kenaikan. Kata Kunci: Model Investigasi Kelompok, Menulis, Teks Eksplanasi, Teknik Tes Rumpang, Berpikir Kritis.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2022
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 11 Mar 2022 04:30
Last Modified: 11 Mar 2022 04:30
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/56164

Actions (login required)

View Item View Item