KAJIAN STILISTIKA BERFOKUS PADA PENGGUNAAN DIKSI YANG BERNILAI KARAKTER PADA TOKOH DAN PENOKOHAN DALAM NOVEL “TENGGELAMNYA KAPAL VAN DER WIJCK “KARYA HAMKA DAN KESESUAIANNYA DENGAN TUNTUTAN KURIKULUM 2013 EDISI REVISI BAHASA INDONESIA

Novalina, NPM. 178090028 (2022) KAJIAN STILISTIKA BERFOKUS PADA PENGGUNAAN DIKSI YANG BERNILAI KARAKTER PADA TOKOH DAN PENOKOHAN DALAM NOVEL “TENGGELAMNYA KAPAL VAN DER WIJCK “KARYA HAMKA DAN KESESUAIANNYA DENGAN TUNTUTAN KURIKULUM 2013 EDISI REVISI BAHASA INDONESIA. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Novalina_MBI - Copy.docx

Download (121kB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Bagaimanakah jenis diksi yang mengungkapkan penokohan para tokoh novel Tenggelamnya Kapal Van der Wijck karya Hamka berdasarkan kajian stilistika?, (2) Bagaimanakah nilai-nilai karakter para tokoh berdasarkan indikasi penggunaan diksi dalam novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck karya Hamka?, (3) Bagaimanakah kesesuaian hasil penelitian dengan tuntutan kompetensi dasar dalam kurikulum 13 Revisi mata pelajaran bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan jenis diksi yang mengungkapkan penokohan para tokoh novel Tenggelamnya Kapal Van der Wicjk karya Hamka berdasarkan kajian stilistika, mendeskripsikan nilai-nilai karakter para tokoh berdasarkan indikasi penggunaan diksi dalam novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wicjk karya Hamka, mendeskripsikan kesesuaian hasil penelitian dengan tuntutan kompetensi dasar dengan kurikulum 13 Edisi Revisi Bahasa Indonesia. Metode penelitian ini mengguakan pendekatan kualitatif dengan kajian content analysis.Artinya, penelitian Tenggelamnya Kapal Van der Wicjk karya Hamka dikaji secara teliti dengan menggunakan pedoman analisis. Setelah dilakukan penelitian dan analisis pembahasan diperoleh simpulan sebagai berikut : (1) Penulis novel Tenggelamnya Kapal Van der Wicjk menggunakan 30 jenis ungkapan, 90 kata kias, dan 32 majas yang mengindikasikan karakter para tokoh dan penokohan dengan menggunakan metode analitik dan dramatik. (2) Terdapat 55 nilai-nilai karakter para tokoh terindikasikan dengan penggunaan diksi yang digunakan tokoh dan digambarkan dalam novel Tenggelamnya Kapal Van der Wicjk karya Hamka. (3) Terdapat kesesuaian hasil penelitian terhadap novel Tenggelamnya Kapal Van der Wicjk karya Hamka dengan tuntutan kurikulum 13 Edisi Revisi.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2022
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 11 Mar 2022 03:00
Last Modified: 11 Mar 2022 03:00
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/56158

Actions (login required)

View Item View Item