ARTIKEL JURNAL PEMBELAJARAN MENGANALISIS UNSUR PEMBANGUN CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA KRITIS PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMK NEGERI 7 BANDUNG

ANNA ISPRIANTI, NPM : 198090015 (2022) ARTIKEL JURNAL PEMBELAJARAN MENGANALISIS UNSUR PEMBANGUN CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA KRITIS PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMK NEGERI 7 BANDUNG. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
ANNA ISPRIANTI 198090015_MBI - Copy.docx

Download (63kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan rendahnya kemampuan membaca dan menganalisis unsur pembangun cerpen peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca kritis melalui pembelajaran menganalisis unsur pembangun cerpen peserta didik kelas XI dengan menggunakan model problem based learning. Desain penelitian ini adalah metode campuran dengan tipe penyisip kuantitatif kualitatif. Pengujian dilaksanakan pada kelas eksperimen dan kontrol. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI K3 SMK Negeri 7 Bandung, dipilih dengan teknik purposive, nonprobability sampling. Data dianalisis berdasarkan hasil pretes dan postes, observasi, wawancara, dan angket. Uji hipotesis penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji t dan uji regresi. Hasil uji independent sample t test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) dari tabel sebesar 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya terdapat perbedaan rerata nilai postes kemampuan menganalisis unsur pembangun cerpen yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Uji rerata nilai postes dengan kriteria menggunakan taraf signifikan α = 5%. H0 ditolak jika nilai Sig< 0,05 dan H0 diterima jika nilai Sig> 0,05. Berdasarkan nilai Sig. (2-tailed) dari tabel sebesar 0,031 < 0,05, maka H0 ditolak dan H1 di terima, artinya terdapat perbedaan rerata nilai postes kemampuan membaca kritis yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Uji analisis regresi sederhana membuktikan bahwa “Kemampuan menganalisis unsur pembangun cerpen (X) berpengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan membaca kritis peserta didik (Y) dengan total pengaruh 44,7%”. Pengaruh positif ini bermakna semakin meningkatnya kemampuan menganalisis unsur pembangun cerpen (X) maka akan berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan membaca kritis peserta didik (Y). Kata kunci: membaca kritis, problem based learning, menganalisis unsur pembangun cerpen

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2022
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 09 Mar 2022 06:33
Last Modified: 09 Mar 2022 06:33
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/56095

Actions (login required)

View Item View Item