DESAIN LOKASI GUDANG ANTARA DAN OPTIMISASI RUTE KENDARAAN PENGANGKUT AIR MINERAL DI PT. MUAWANAH AL-MA’SOEM KOTA BANDUNG (STUDI KASUS : PT. MUAWANAH AL-MA’SOEM KOTA BANDUNG)

DIEMAS, SETIAWAN (2022) DESAIN LOKASI GUDANG ANTARA DAN OPTIMISASI RUTE KENDARAAN PENGANGKUT AIR MINERAL DI PT. MUAWANAH AL-MA’SOEM KOTA BANDUNG (STUDI KASUS : PT. MUAWANAH AL-MA’SOEM KOTA BANDUNG). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Diemas Setiawan_153010165_Teknik Industri.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: https://teknik.unpas.ac.id

Abstract

PT. Muawanah Al-Ma’soem merupakan salah satu perusahaan air minum dalam kemasan yang berpusat di Bandung tepatnya di Kabupaten Bandung yaitu Cileunyi. PT. Muawanah Al-Ma’soem memliki 4 gudang antara yaitu Cikalang (Pusat), Bandung, Rajamandala, dan Limbangan. Salah satu produk yang dimiliki oleh PT. Muawanah Al-Ma’soem yaitu produk air minum dalam kemasan jenis cup 240 ml yang dikemas dalam kemasan karton yang berisi 48 cup per karton. Permasalahan yang terjadi di PT. Muawanah Al-Ma’soem terdapat pada pendistribusian yang dilakukan oleh gudang antara Bandung terhadap ke 64 retail tujuan yang tersebar. Pada saat ini pola kegiatan pendistribusian gudang antara Bandung masih acak yang menyebabkan jarak dan lokasi retail yang dituju tidak efektif, belum terdapat jadwal pengiriman produk air minum dalam kemasan yang tetap sehingga pendistribusian dilakukan secara berulang ke setiap retail yang tersebar serta pemanfaatan kapasitas alat angkut yang belum optimal yang menyebabkan kendaraan belum mampu mendistribusikan produk dalam satu kali keberangkatan. Beberapa permasalahan tersebut menyebabkan biaya distribusi yang dikeluarkan oleh PT. Muawanah Al-Ma’soem menjadi tidak optimal. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk memnetukan rute distribusi yang minimum agar biaya distribusi yang dikeluarkan oleh PT. Muawanah Al-Ma’soem menjadi lebih optimal dibandingkan dengan sebelumnya. Penyelesaian masalah dilakukan dengan empat langkah yaitu pertama, dengan melakukan pengelompokkan (clustering) wilayah pendistribusian dengan metode Fuzzy C Means agar kapasitas angkut kendaraan dapat dimaksimalkan untuk melayani setiap retail tujuan dalam satu kali keberangkatan. Kedua, penentuan fasilitas gudang antara menggunakan metode Hub Location Problem agar memperoleh gudang antara di salah satu retail yang berada pada suatu cluster. Ketiga, penentuan rute distribusi menggunakan metode Nearest Neighbor agar diperoleh rute distribusi dengan jarak terpendek ke setiap retail tujuan. Keempat, optimisasi rute distribusi dengan metode Simulated Annealling agar mendapatkan rute distribusi yang lebih optimal dari sebelumnya. Hasil dari penelitian yang dilakukan diperoleh 8 cluster wilayah pendistribusian, satu retail yang dijadikan gudang antara di setiap cluster, dan rute pendistribusian air minum dalam kemasan yang optimal. Dengan hasil pengehematan biaya distribusi yang diperoleh sekitar Rp 1.718.985 dengan efisiensi sebesar 28,69%. Kata Kunci: Vehicle Routing Problem, Capacitated Vehicle Routing Problem, Fuzzy C Means, Hub Locataion Problem, Nearest Neighbor, Simulated Annealling.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2022
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 09 Mar 2022 02:24
Last Modified: 09 Mar 2022 02:24
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/56084

Actions (login required)

View Item View Item