ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS PADA PROSES PENGERINGAN TEH HITAM ORTHODOKS MENGGUNAKAN METODE SIX SIGMA DENGAN KONSEP DMAIC (STUDI KASUS : PTPN VIII KEBUN TEH MALABAR)

DIAN MAHBUB AL, MUSCHAF (2022) ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS PADA PROSES PENGERINGAN TEH HITAM ORTHODOKS MENGGUNAKAN METODE SIX SIGMA DENGAN KONSEP DMAIC (STUDI KASUS : PTPN VIII KEBUN TEH MALABAR). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Dian Mahbub Al Muschaf_153010156_Teknik Industri.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: https://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Dalam kondisi pandemi saat ini, keadaan perekonomian sedang tidak stabil menyebabkan daya beli konsumen menjadi sangat selektif. Perusahaan harus meningkatkan kualitas produk dengan cara melakukan perbaikan untuk dapat bertahan dalam persaingan ini. PTPN Kebun Teh Malabar merupakan perusahaan yang memproduksi teh hitam orthodoks. Dalam memproduksi teh hitam PTPN Kebun Teh Malabar terdapat penyimpangan(cacat) dalam proses produksinya. Pada penelitian ini difokuskan kepada proses pengeringan yang memiliki empat jenis cacat yaitu MC kering (kadar air) yang tidak sesuai, over fired, bakey, dan smookey. Penelitian akan dilakukan pada jenis penyimpangan (cacat) dengan persentase terbesar. Dalam melakukan perbaikan kualitas pada PTPN Kebun Teh Malabar digunakan metode six sigma DMAIC. Pada tahap define diperoleh bahwa proses yang akan diteliti adalah proses pengeringan dengan fokus kepada penyimpangan (cacat) pada MC kering (kadar air) yang memiliki persentase terbesar sebesar 84%. Pada tahap measure di jelaskan bahwa penyimpangan MC kering (kadar air) masih belum stabil dan nilai sigma yang didapat sebesar 2,04. Pada tahap analyze diketahui empat faktor menjadi penyebab terjadinya penyimpangan adalah faktor inlet dan outlet, kecepatan trays, ketebalan tumpukkan teh, dan suhu di ruangan pengeringan. Kemudian pada tahap improve dilakukan desain eksperimen menggunakan metode taguchi Dari hasil penelitian pada tahap improve menggunakan metode taguchi, diperoleh kombinasi level optimal untuk mengurangi penyimpangan MC kering (kadar air) yang terjadi dalam proses pengeringan. Kombinasi tersebut adalah suhu inlet dan outlet disetting pada 100C/48C - 55C, kecepatan trays disetting 24 menit, dan ketebalan tumpukan teh disetting pada 15 mm. Kata Kunci : Perbaikan Kualitas, Six Sigma DMAIC, Eksperimen Taguchi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2022
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 09 Mar 2022 02:04
Last Modified: 09 Mar 2022 02:04
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/56079

Actions (login required)

View Item View Item