ANALISA VENDOR MANAGED INVENTORY DENGAN MEMPERTIMBANGKAN RUTE TERPENDEK UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI PENJADWALAN DISTRIBUSI (STUDI KASUS : PT. ABZ KOTA BANDUNG)

ANNE MEGA, NUGRAYATRI (2022) ANALISA VENDOR MANAGED INVENTORY DENGAN MEMPERTIMBANGKAN RUTE TERPENDEK UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI PENJADWALAN DISTRIBUSI (STUDI KASUS : PT. ABZ KOTA BANDUNG). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Anne Mega Nugrayatri_163010042_Teknik Industri.pdf

Download (386kB) | Preview
Official URL: https://teknik.unpas.ac.id

Abstract

PT.ABZ sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang waralaba swalayan (minimarket) yang memproduksikan kebutuhan sehari-hari dan kebutuhan pokok tepatnya yang tersebar di Kota Bandung dengan luas toko berkisar 200 M 2 . Pendistribusiannya memiliki kendala terkait penjadawalan yang diimplementasikan oleh vendor ke setiap ritel. Hal ini disebabkan adanya perbedaan terhadap demand setiap ritel yang berkaitan dengan waktu dan musim, serta perbedaan jarak tempuh yang dilaluinya dan terbatasnya kapasitas angkutan barang . Namun sistem yang dilakukan oleh perusahaan masih dalam bentuk perhitungan yang manual berdasarkan demand tanpa mempertimbangkan terhadap jarak yang dilalui hingga mengakibatkan pengeluaran berlebih. Penentuan penjadwalan distribusi menjadi suatu hal alternatif sebagai akar permasalahan terhadap kegiatan distribusi barang PT.ABZ. Untuk menyelesaikan masalahnya dalam menetapkan penjadwalan distribusi yang efisien dengan mempertimbangkan rute terpendek terdapat 4 tahapan yakni menentukan lokasi inventory berdasarkan prinsip IRP dengan metoda CW Saving, menentukan kondisi optimasi pada rute terpendek dengan metoda PSO, menentukan ukuran pemesanan berdasarkan prinsip vendor manager inventory dengan menggunakan metoda EOQ–Deterministic, dan menentukan jumlah dan penjadwalan distribusi berdasarkan VMI dengan menggunakan metoda perencanan penjadwalan yang mengikuti pola Distribution Requirement Planning. Dari hasil pengolahan pada penelitian ini yang menggunakan prinsip IRP berdasarkan Metode CW Saving memperoleh lokasi inventory beserta pusat distribusi pada setiap cluster diantaranya Ritel 18, 2,10,27,47,64,44,45,62, dan 58 hingga memperoleh jarak tempuh 267,85 pada kondisi exiting Setalah dilakukanya optimasi memperoleh 189,85 Hasil yang diperoleh dari penjadwalan pengirirman ini bahwa penjadwalan pengirirman tepat dilakukan sebayak 60 ritel sedangkan 8 ritel tidak menetapkan penjadwalan pengiriman hal ini disebabkan kapasitas yang telah ditetapkan sudah memenuhi batas persediaan. Kata Kunci : VMI,IRP,CWSaving,PSO,EOQ-Deterministic,Penjadwalam Distribus

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2022
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 09 Mar 2022 02:01
Last Modified: 09 Mar 2022 02:01
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/56078

Actions (login required)

View Item View Item