EVALUASI KUALITAS AIR MINUM ISI ULANG DAN HYGIENE SANITASI PADA DEPOT AIR MINUM ISI ULANG DI KECAMATAN MARGAHAYU KABUPATEN BANDUNG

Yunita, Ulfah Indriani (2022) EVALUASI KUALITAS AIR MINUM ISI ULANG DAN HYGIENE SANITASI PADA DEPOT AIR MINUM ISI ULANG DI KECAMATAN MARGAHAYU KABUPATEN BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
YUNITA ULFAH INDRIANI_163050002_TEKNIK LINGKUNGAN.pdf

Download (996kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK Air minum adalah air yang melalui proses pengolahan atau tanpa proses pengolahan yang memenuhi syarat kesehatan dan dapat langsung diminum. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan air minum isi ulang dan hygiene sanitasi depot untuk mendapatkan hasil kualitas air olahannya menjadi lebih baik dan penerapan hygiene sanitasi depot yang baik. Penelitian ini berupa penelitian deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Penelitian dilaksanakan di DAMIU yang berada di Kecamatan Margahayu Kabupaten Bandung. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode cluster sampling dan untuk mendapatkan jumlah depot yang representatif menggunakan metode cluster dan systematic random sampling. Berdasarkan hasil pengujian, kualitas nilai pH pada sampel air minum terdapat 2 depot dengan teknologi UV dan 1 depot dengan teknologi ozonisasi belum memenuhi baku mutu berdasarkan Permenkes No. 492/MENKES/PER/IV/2010. Untuk kualitas TDS pada sampel air minum dengan teknologi UV, RO dan ozonisasi sudah memenuhi standar baku mutu yaitu < 500 mg/l. Untuk kualitas bakteriologi pada sampel air minum, hanya pada proses UV 4 sampel air minum untuk parameter E. coli tidak memenuhi standar baku mutu (positif) dan parameter Total Coliform 5 depot dengan teknologi UV serta 1 depot dengan teknologi ozonisasi tidak memenuhi standar baku mutu yaitu 4 - 150 per 100 ml sampel dari 0 per 100 ml sampel. Pelaksanaan hygiene sanitasi pada DAMIU di Kecamatan Margahayu berdasarkan aspek tempat, aspek peralatan, aspek penjamah dan aspek ABAM (Air baku dan air minum) masih ada beberapa DAMIU yang belum memenuhi syarat yang mengacu pada Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 43 Tahun 2014. Kata Kunci : Air Minum Isi Ulang, Kualitas Air Minum Isi Ulang, dan Hygiene Sanitasi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Lingkungan 2022
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 08 Mar 2022 06:09
Last Modified: 08 Mar 2022 06:09
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/56058

Actions (login required)

View Item View Item