PENJADWALAN PROYEK PEMBANGUNAN RUMAH TIPE 36/72 MENGGUNAKAN PRECEDENCE DIAGRAM METHOD (PDM) (STUDI KASUS : PERUMAHAN KARTIKA RESIDENCE)

MUHAMAD, IQBAL (2022) PENJADWALAN PROYEK PEMBANGUNAN RUMAH TIPE 36/72 MENGGUNAKAN PRECEDENCE DIAGRAM METHOD (PDM) (STUDI KASUS : PERUMAHAN KARTIKA RESIDENCE). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Muhamad Iqbal_153010058_Teknik Industri.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: https://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Perumahan Kartika Residence berencana akan membangun 1 Cluster, yaitu Cluster Kerahayuan yang terdiri dari 3 tipe yaitu tipe 30/72, tipe 36/72, dan tipe 45/90. Perencanaan proyek dalam pembangunan perumahan yang diambil adalah dengan merencanakan membangun 1 unit rumah tipe 36/72. Dalam perencanaan proyek ini terdapat kendala dalam merencanakan penjadwalan dan mengatur sumber daya yang ada. Metode yang digunakan dalam menyelesaikan masalah ini adalah dengan menggunakan Precedence Diagram Method untuk aktivitas yang tumpang tindih. Dalam perencanaan ini masalah yang timbul dalam proses perencanaan proyek ini adalah keterbatasan sumber daya yang ada, sehingga terjadinya overallocation sumber daya pada aktivitas yang bersangkutan. Sehingga untuk menyelesaikan masalah tersebut digunakan software Microsoft Project dengan menggunakan salah satu tools yang ada di Microsoft Project yaitu Resource Leveling. Overallocation terjadi pada 13 aktivitas yang di antaranya Galian Tanah Pipa, Urugan Pasir Bawah Pondasi, Pasangan Pondasi Batu Kali 1 Pc : 5 Ps, Pengecatan Kayu, Pengecatan Tembok Baru, Galian Septictank 1.5x2x2 m + Resapan, Pasangan Dinding Septictank 1/2 Bata, Plesteran Dinding Septictank 1.5x2x2 m, Pembuatan Tutup Septictank + Pipa Pembuangan Gas, Galian Bak Kontrol, Pasangan Dinding Bak Kontrol 1/2 Bata, Plesteran Dinding Bak Kontrol 45x45x33 cm, dan Pembuatan Tutup Bak Kontrol. Dari aktivitas-aktivitas tersebut, pekerja yang mengalami overallocation adalah Tukang Gali, Tukang Batu, Tukang Cat, dan Mandor, sehingga dibutuhkan Resource Leveling untuk mengatasi kekurangan ketiga tenaga kerja tersebut agar tidak terjadi Overallocation. Berdasarkan hasil pengolahan data yang dilakukan, dalam merencanakan proyek pembangunan 1 unit rumah tipe 36/72 membutuhkan waktu selama 71 hari dengan total pengeluaran Rp 150.810.350. Perhitungan durasi dan Rencana Anggaran Biaya sudah berdasarkan Analisis Harga Satuan Pekerja (AHSP). Kata Kunci : Precedence Diagram Method, Overallocation, Microsoft Project, Resource Leveling

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2022
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 08 Mar 2022 03:10
Last Modified: 08 Mar 2022 03:10
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/56045

Actions (login required)

View Item View Item