PENGARUH KONSENTRASI TEPUNG SORGUM (Sorghum bicolor) DAN PERBANDINGAN IKAN PATIN (Pangasius hypopthalamus) DENGAN IKAN NILA (Oreochromis niloticus) TERHADAP KARAKTERISIK NUGGET

Gina Asri Pratiwi, Pratiwi (2022) PENGARUH KONSENTRASI TEPUNG SORGUM (Sorghum bicolor) DAN PERBANDINGAN IKAN PATIN (Pangasius hypopthalamus) DENGAN IKAN NILA (Oreochromis niloticus) TERHADAP KARAKTERISIK NUGGET. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Arsip TA Digital Gina Asri Pratiwi 173020257.pdf

Download (542kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Nugget merupakan suatu produk olahan daging yang dapat meningkatkan daya guna dan daya simpan dari daging. Penelitian ini menggunakan bahan baku ikan patin, ikan nila, dan tepung sorgum. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui konsentrasi tepung sorgum serta perbandingan ikan patin dan ikan nila terhadap karaktersitik nugget. Manfaat penelitian ini adalah untuk memanfaatkan dan meningkatkan produktivitas pangan lokal sebagai diversifikasi pangan yang dapat diterima oleh masyarakat, memberikan informasi mengenai bahan alternatif berbahan baku tepung sorgum, ikan pati dan ikan nila sebagai komoditi lokal, serta meningkatkan nilai guna dan nilai ekonomis dari tepung sorgum, ikan patin dan ikan nila. Metode penelitian utama dilakukan untuk menentukan pengaruh konsentrasi tepung sorgum dan perbandingan ikan patin dengan ikan nila terbaik untuk karakteristik nugget. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan acak kelompok (RAK) pola faktorial 3×3 dengan 3 kali ulangan. Faktor pertama konsentrasi tepung sorgum (7,5%, 10%, 12,5%) dan faktor kedua perbandingan ikan patin dengan ikan nila (2:1, 1:2, 1:1). Variabel respon pada penelitian ini adalah uji organoleptik meliputi warna, aroma, tekstur dan rasa. Respon kimia meliputi penentuan kadar air, kadar karbohidrat, kadar protein, kadar lemak, kadar serat, dan TPC. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa konsentrasi tepung sorgum berpengaruh nyata terhadap respon kimia kadar air dan kadar karbohidrat, respon organoleptik atribut tekstur, tetapi tidak berpengaruh nyata terhadap respon organoleptik atribut warna, aroma dan rasa. Perbandingan ikan patin dan ikan nila berpengaruh nyata terhadap respon kimia kadar air, respon organoleptik atribut aroma dan rasa, tetapi tidak berpengaruh nyata terhadap respon kimia kadar karbohidrat serta respon organoleptik atribut warna dan tekstur. Berdasarkan hasil pemilihan sampel paling disukai, produk terpilih didapatkan yaitu pada perlakuan a1b3 konsentrasi tepung sorgum 7,5% dan perbandingan ikan patin dengan ikan nila (1:1) dengan kadar air 54,92%, kadar karbohidrat 4,71%, kadar protein 13,35%, kadar lemak 1,60%, serat pangan serat pangan 8,71%, Total Plate Count (TPC) 5,4 x 10² koloni/gram. Kata Kunci : Tepung Sorgum, Ikan Patin, Ikan Nila, Nugget.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2022
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 05 Mar 2022 06:04
Last Modified: 05 Mar 2022 06:04
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/55991

Actions (login required)

View Item View Item