PEMANFAATAN LAYANAN WEB SERVICE PADA TAMPILAN ANTARMUKA (STUDI KASUS PADA MODUL PENERIMAAN MAHASISWA BARU DAN LAYANAN MAHASISWA SITU AKADEMIK UNIVERSITAS PASUNDAN)

Akhmad Agung, Alfarisy (2022) PEMANFAATAN LAYANAN WEB SERVICE PADA TAMPILAN ANTARMUKA (STUDI KASUS PADA MODUL PENERIMAAN MAHASISWA BARU DAN LAYANAN MAHASISWA SITU AKADEMIK UNIVERSITAS PASUNDAN). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Akhmad Agung Alfarisy_173040144_Teknik Informatika.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

SITU Fakultas Teknik merupakan aplikasi sistem informasi akademik berbasis web dengan tujuan untuk memberikan informasi akademik kepada mahasiswa. Dengan adanya SITU akademik Fakultas Teknik, mahasiswa dapat mengetahui informasi yang berkaitan dengan akademik. SITU akademik Fakultas Teknik sangat membantu dalam pengelolaan data nilai mahasiswa, mata kuliah, data staff pengajar (dosen) serta administrasi fakultas/jurusan yang sifatnya masih manual untuk dikerjakan dengan bantuan Software agar mampu mengefektifkan waktu dan menekan biaya operasional. Salah satu aspek penting dalam SITU akademik yaitu layanan untuk bertukar data dengan aplikasi lain. Berdasarkan wawancara dengan SPTIK (Satuan Pengelola Teknologi informasi dan komunikasi UNPAS). Saat ini pihak pengelola sendiri sedang dalam proses pengembangan aplikasi SITU itu sendiri dengan membentuk beberapa tim diantaranya tim yang bertanggung jawab untuk menangani tampilan antarmuka dari SITU akademik dan tim yang bertanggung jawab untuk menangani layanan bertukar data dengan aplikasi lain. Tetapi pada prakteknya, belum tersedianya teknologi untuk mengintegrasikan antara tampilan antarmuka dengan layanan web service. Untuk menyelesaikan masalah yang ada di SITU Fakultas Teknik, maka dari itu pada penyusunan tugas akhir ini penulis berfokus pada perancangan teknologi untuk mengintegrasikan antara web service dan tampilan antarmuka. Teknologi yang akan diterapkan yaitu aplikasi berbasis web, yang dibangun dengan platform Node.js dan framework Express.js. Kata kunci : SITU Akademik, Web Service, Node.js, Express.js, Extreme Programming

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2022
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 05 Mar 2022 05:58
Last Modified: 05 Mar 2022 05:58
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/55989

Actions (login required)

View Item View Item