PENGARUH PERBANDINGAN SARI BEET (Beta vulgaris) DENGAN SARI LEMON (Citrus Limon burm f.) DAN KONSENTASI KARAGENAN TERHADAP KARAKTERISTIK MINUMAN FUNGSIONAL SARI BEET LEMON

Ghassani Idzni, Nadhilah (2022) PENGARUH PERBANDINGAN SARI BEET (Beta vulgaris) DENGAN SARI LEMON (Citrus Limon burm f.) DAN KONSENTASI KARAGENAN TERHADAP KARAKTERISTIK MINUMAN FUNGSIONAL SARI BEET LEMON. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Ghassani Idzni Nadhilah_143020001_Teknologi Pangan.pdf

Download (377kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan perbandingan terbaik terhadap minuman fungsional sari beet dengan sari lemon dan karagenan yang digunakan terhadap karakteristik minuman fungsional. Penelitian pendahuluan yang dilakukan adalah pembuatan sari beet, sari lemon dan campuran sari beet lemon. Penelitian utama yang dilakukan adalah pembuatan minuman fungsional sari beet lemon, analisis respon kimia, respon fisik dan respon organoleptik. Penelitian ini menggunakan metode Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan pola faktorial 3 x 3, dan ulangan sebanyak 3 kali. Respon pada penelitian ini adalah respon kimia meliputi aktivitas antioksidan, pH dan kadar vitamin C, serta respon fisik meliputi kadar viskositas kemudian respon organoleptik berdasarkan uji hedonik terhadap atribut warna, rasa dan aroma. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbandingan sari beet dan lemon berpengaruh terhadap, warna, rasa, aroma, kadar vitamin C, aktivitas antioksidan, viskositas dan pH. Konsentrasi karagenan berpengaruh terhadap warna, kadar vitamin C, aktivitas antioksidan, dan viskositas. Interaksi komposisi sari beet lemon dan karagenan berpengaruh terhadap Warna, Kadar vitamin C, Antioksidan dan viskositas, tidak berpengaruh terhadap rasa, aroma dan pH Kata kunci : Sari Beet, Sari Lemon, Antioksidan, Minuman Fungsional.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2022
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 05 Mar 2022 05:05
Last Modified: 05 Mar 2022 05:05
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/55981

Actions (login required)

View Item View Item