ANALISIS KUALITAS AIR MINUM PADA DEPOT AIR MINUM ISI ULANG DAN EVALUASI PELAKSANAAN HYGIENE SANITASI DEPOT AIR MINUM DI KECAMATAN LEMBURSITU KOTA SUKABUMI

Novia Indriyani, Supendi (2022) ANALISIS KUALITAS AIR MINUM PADA DEPOT AIR MINUM ISI ULANG DAN EVALUASI PELAKSANAAN HYGIENE SANITASI DEPOT AIR MINUM DI KECAMATAN LEMBURSITU KOTA SUKABUMI. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Novia Indriyani S_163050019_Teknik Lingkungan.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Air minum isi ulang merupakan salah satu alternatif pemenuhan kebutuhan air minum masyarakat Kota Sukabumi. Masyarakat khususnya di Kecamatan Lembursitu Kota Sukabumi lebih memilih mengkonsumsi air minum isi ulang karena harganya yang murah dan praktis. Berdasarkan survei lapangan Depot Air Minum Isi Ulang (DAMIU) di Kecamatan Lembursitu Kota Sukabumi berjumlah 17 Depot, namun pengambilan sampel dilakukan pada 4 depot yang diklasifikasikan berdasarkan sumber air baku dan volume air yang diproduksi per harinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kualitas air minum isi ulang yang dihasilkan oleh depot air minum beserta sumber air baku dan mengevaluasi pelaksanaan higiene sanitasi pada Depot Air Minum yang diambil sampel airnya. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan dilakukan pada 4 DAMIU di Kecamatan Lembursitu. Cara pengumpulan data melalui obervasi, wawancara, dan pemeriksaan laboratorium. Berdasarkan hasil laboratorium terhadap air minum dan air baku yang diukur dari segi parameter fisika (kekeruhan, bau dan rasa) dan parameter kimia (pH dan Fluoride) sudah memenuhi syarat standar baku mutu. Kandungan bakteriologis pada air minum menunjukkan bahwa dua dari empat sampel (50%) mengandung bakteri E. coli dan Coliform dengan rata-rata konsentrasi berkisar antara 0-1 per 100 ml sampel dan 0-3 per 100 ml sampel, hal ini tidak sesuai dengan Permenkes RI no 492 Tahun 2010. Pada masingmasing air baku kandungan bakteri E.coli berkisar antara 0-4, hal ini tidak sesuai dengan Permenkes no 32 Tahun 2017, sedangkan untuk bakteri coliform masih memenuhi syarat. Hasil evaluasi pelaksanaan higiene dan sanitasi dari berbagai aspek dan penilaian kelaikan fisik untuk depot 1 dan Depot 5 sudah memenuhi syarat Permenkes No. 43 Tahun 2014 dengan rentang nilai 79-83 dilihat dari total hasil pemeriksaan kelaikan fisik di ke empat depot dengan format observasi sesuai dengan Permenkes No. 43 Tahun 2014.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Lingkungan 2022
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 05 Mar 2022 04:49
Last Modified: 05 Mar 2022 04:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/55977

Actions (login required)

View Item View Item