PENGARUH PERBANDINGAN TEPUNG SORGUM (Sorgum bicolor L) DENGAN TEPUNG KENTANG DAN LAMA FERMENTASI TERHADAP KARAKTERISTIK DONAT GLUTEN FREE

Nurafni Liana, Putri (2022) PENGARUH PERBANDINGAN TEPUNG SORGUM (Sorgum bicolor L) DENGAN TEPUNG KENTANG DAN LAMA FERMENTASI TERHADAP KARAKTERISTIK DONAT GLUTEN FREE. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Nurafni Liana Putri_14302041_Teknologi Pangan.pdf

Download (293kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Donat merupakan roti yang berbentuk bulat dengan lubang ditengahnya dan proses akhir pengolahan dengan cara digoreng. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan tepung sorgum dengan tepung kentang dan lama waktu fermentasi, serta interaksi perbandingan tepung sorgum dengan tepung kentang dan lama waktu fermentasi terhadap karakteristik donat gluten free. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan dua faktor dan ulangan sebanyak 4 kali. Adapun factor yang digunakan adalah perbandingan tepung sorgum dengan tepung kentang (A) yang terdiri dari a1 = 1,5:1,5, a2 = 1,75:1,25 dan lama waktu fermentasi (B) yang terdiri dari b1 = 90 menit, b2 = 100 menit, b3 = 110 menit. Respon yang dilakukan dalam penelitian ini adalah respon kimia yang meliputi kadar air dan kadar pati. Respon organoleptik terhadap atribut rasa, kenampakan, aroma dan tekstur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbandingan tepung sorgum dengan tepung kentang dan lama waktu fermentasi berpengaruh nyata terhadap kadar air, kadar pati, rasa, kenampakan, aroma dan tekstur. Interaksi antara perbandingan tepung sorgum dengan tepung kentang dan lama waktu fermentasi berpengaruh nyata terhadap kadar pati, rasa, kenampakan dan tekstur donat gluten free. Kata kunci : Tepung Sorgum, Tepung Kentang, Lama Waktu Fermentasi, Donat Gluten Free.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2022
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 05 Mar 2022 04:36
Last Modified: 05 Mar 2022 04:36
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/55973

Actions (login required)

View Item View Item