KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA BERORIENTASI NILAI KARAKTER NASIONALIS DALAM NOVEL SUKARNO KUANTAR KE GERBANG DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR DI SMA

SITI NURHAYATI, NPM. 178090027 (2022) KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA BERORIENTASI NILAI KARAKTER NASIONALIS DALAM NOVEL SUKARNO KUANTAR KE GERBANG DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR DI SMA. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Siti Nurhayati_MBI - Copy.docx

Download (45kB)

Abstract

Siti Nurhayati. 2022. Kajian Sosiologi Sastra Berorientasi Nilai Karakter Nasionalis dalam Novel Sukarno Kuantar Ke Gerbang dan Pemanfaatannya sebagai Bahan Ajar di SMA. Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pascasarjana Universitas Pasundan Bandung, Pembimbing: (I) Dr. Hj. R. Panca Pertiwi Hidayati, M.Pd., Pembimbing (II) Prof. Dr. Hj. R. Poppy Yaniawati, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) refleksi situasi sosial yang ada pada novel (2) nilai karakter nasionalis dalam situasi sosial perilaku tokoh dan penokohan (3) nilai karaker nasionalis para tokohnya melalui alur cerita dalam sosial budaya novel tersebut (4) nilai karakter nasionalis dalam novel, serta (5) pemanfaatan hasil penelitian sebagai alternatif bahan ajar apresiasi sastra di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data primer dalam penelitian ini yaitu novel Sukarno Kuantar ke Gerbang karya Ramadhan KH, sedangkan sumber data sekundernya yaitu buku-buku yang relevan dengan kajian sosiologi sastra dan karakter nasionalis, serta dokumen berupa silabus pembelajaran Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017. Adapun teknik yang digunakan adalah telaah pustaka (library riset), dan telaah dokumen. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu adanya refleksi situasi sosial yang meliputi aspek ekonomi, religius, politik, budaya dan iklim lingkungan. Sedangkan karakter nasionalis yang muncul adalah karakter cinta tanah air, rela berkorban, berprestasi, demokratis, menghormati keragaman, dan apresiasi terhadap budaya sendiri. Sedangkan dalam pemanfaaannya sebagai bahan ajar, modul yang dibuat mendapatkan penilaian yang baik dari teman sejawat, sesama guru pengampu mata pelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri 16 Bandung. Begitu juga, menurut peserta didik yang mengerjakan. Melalui uji coba bahan ajar, 10 peserta didik yang mengerjakan modul mendapatkan nilai yang cukup memuaskan. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan kajian sosiologi sastra berorientasi nilai karakter nasionalis dapat dijadikan bahan pengembangan bahan ajar apresiasi sastra di SMA. Kata kunci: Bahan Ajar Apresiasi Sastra, Karakter Nasionalis, Sosiologi Sastra.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2022
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 05 Mar 2022 04:32
Last Modified: 05 Mar 2022 04:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/55972

Actions (login required)

View Item View Item