PENGARUH UKURAN KOMITE AUDIT DAN KEAHLIAN KEUANGAN KOMITE AUDIT TERHADAP PENGUNGKAPAN KELEMAHAN PENGENDALIAN INTERNAL DAN IMPLIKASINYA TERHADAP TEST SUBSTANTIF TRANSAKSI (Studi Pada PT Dirgantara Indonesia Persero)

Devi Kania Dewi, 164020021 and Dr. Hj. Liza Laila Nurwulan,SE.,MSi,AK,CA, Pembimbing (2022) PENGARUH UKURAN KOMITE AUDIT DAN KEAHLIAN KEUANGAN KOMITE AUDIT TERHADAP PENGUNGKAPAN KELEMAHAN PENGENDALIAN INTERNAL DAN IMPLIKASINYA TERHADAP TEST SUBSTANTIF TRANSAKSI (Studi Pada PT Dirgantara Indonesia Persero). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI_DEVI KANIA.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1,2,3_DEVI KANIA.pdf

Download (15MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN_DEVI KANIA.pdf

Download (220kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh ukuran komite audit dan keahlian keuangan komite audit terhadap pengungkapan kelemahan pengendalian internal dan implikasinya terhadap test substantif transaksi pada PT Dirgantara Indonesia (Persero). Variabel karakteristik komite audit yang digunakan dalam penelitian ini adalah ukuran komite audit dan keahlian keuangan komite audit. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif serta dengan menggunakan data primer. Responden dalam penelitian ini adalah komite audit dan bagian verifikasi keuangan PT Dirgantara Indonesia (Persero). Analisis statistik yang digunakan di dalam penelitian ini adalah analis uji validitas dan uji reliabilitas, analisis koefisien korelasi, analisis jalur (path), pengujian hipotesis secara parsial dengan menggunakan uji t, pengujian hipotesis secara simultan dengan menggunakan uji f, serta analisis koefisien determinasi dengan bantuan program SPSS v21. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa ukuran komite audit berpengaruh sebesar 21,1% terhadap pengungkapan kelemahan pengendalian internal, sedangkan sisanya 78,9% merupakan pengaruh faktor lain di luar ukuran komite audit. Besarnya pengaruh keahlian keuangan komite audit sebesar 22,8% terhadap pengungkapan kelemahan pengendalian internal dan sisanya sebesar 77,2% merupakan faktor lain di luar keahlian keuangan komite audit. Secara simultan ukuran komite audit dan keahlian keuangan komite audit memberikan pengaruh/kontribusi sebesar 43,8% terhadap pengungkapan kelemahan pengendalian internal. Pengungkapan kelemahan pengendalian internal memberikan pengaruh sebesar 20,6% terhadap test substantif transaksi. Besarnya pengaruh ukuran komite audit terhadap test substantif transaksi sebesar 11,2% dan sisanya sebesar 88,8% merupakan pengaruh faktor lain di luar ukuran komite audit. Keahlian keuangan komite audit memberikan pengaruh sebesar 14,6% terhadap test substantif transaksi sisanya sebesar 85,4% merupakan faktor lain yang tidak diteliti. Ukuran komite audit dan keahlian keuangan komite audit secara simultan berpengaruh terhadap test substantif transaksi sebesar 25,8%. Kata Kunci: Ukuran Komite Audit, Keahlian Keuangan Komite Audit, Pengungkapan Kelemahan Pengendalian Internal, Test Substantif Transaksi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2016
Depositing User: Mr Farid -
Date Deposited: 25 Feb 2022 03:30
Last Modified: 25 Feb 2022 03:30
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/55884

Actions (login required)

View Item View Item