IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM INOVASI PEMBANGUNAN DAN PEMBERDAYAAN KEWILAYAHAN DI KELURAHAN LEBAK GEDE KECAMATAN COBLONG KOTA BANDUNG (Study kasus Kebijakan Perwal No. 436 Tahun 2015)

IRA PURNAMA, NPM. 188010016 (2022) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM INOVASI PEMBANGUNAN DAN PEMBERDAYAAN KEWILAYAHAN DI KELURAHAN LEBAK GEDE KECAMATAN COBLONG KOTA BANDUNG (Study kasus Kebijakan Perwal No. 436 Tahun 2015). Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img]
Preview
Text
IRA PURNAMA_MIA - Copy.pdf

Download (331kB) | Preview

Abstract

Penelitan Tentang Implementasi Kebijakan Program Inovasi Pembangunan dan Pemberdayaan Kewilayahan di Kelurahan Lebak Gede Kecamatan Coblong Kota Bandung, dilakukan karena beberapa masalah diantaranya Standar dan Sarana Kebijakan, tidak adanya standar yang di tetapkan oleh pihak kelurahan untuk tercapainya tujuan, Sumber Daya Financial, bawah dana yang turun kepada masyarakat itu di kelola oleh pihak kelurahan sehingga masyarakat dan ketua RW jadi terbatas untuk mengelola lingkungan mereka, Karekteristik agenda Pelaksanaan, tidak ada pengawasan dari pihak kelurahan kepada masyarakat dan selama ini masyarakat hanya berkomunikasi melalu What app. Adapun fokus dari peneliti ini adalah Bagaimana Implementasi Kebijakan Program Inovasi Pembangunan dan Pemberdayaan Kewilayahan (PIPPK) di Kelurahan Lebak Gede Kecamatan Coblong Kota Bandung. Sedangkan tujuan dari penelitain ini adalah untuk mengetahui bagaimana Implementasi Kebijakan Program Inovasi Pembangunan dan Pemberdayaan Kewilayahan di Kelurahan Lebak Gede Kecamatan Coblong Kota Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitan ini adalah metode kualitatif dengan tujuan untuk menemukan deskripsi general dan universal, yang berlaku pada sejumlah variasi, situasi dan kondisi. Adapun Teknik pengumpulan data dilakukan adalah studi lapangan seperti observasi dan wawancara. Narasumber atau informan dalam penelitian ini adalah aparat kelurahan dan sebagian RW yang ada di kelurahan Lebak Gede. Teori Implementasi dalam penelitan ini menggunakan teori dari van meter dan van horn dimana dimensi terbagi menjadi 6 yaitu Standar dan Sasaran Kebijakan, Sumberdaya, Hubungan Antar Organisasi, Karakteristik Agenda Pelaksanaan , Kondisi Sosial Politik dan Ekonomi, Disposis/ Sikap Implementator. Hasil Penelitian menunjukan bahwa Implementasi Kebijakan Program Inovasi Pembangunan dan Pemberdayaan Kewilayahan di Kelurahan Lebak Gede Kecamatan Coblong Kota Bandung. masih banyak yang kurang, peneliti melihat bahwa perlu adanya suatu model implementasi kebijakan yang tepat untuk mendukung pelaksanaan program inovasi pembangunan dan pemberdayaan kewilayahan PIPPK. Kesimpulannya yang mempengaruhi implementasi kebijakan Program Inovasi dan Pemberdayaan Pembangunan Daerah (PIPPK) di Kecamatan Lebak Gede Kota Bandung ternyata dipengaruhi oleh Standar dan Fasilitas Kebijakan, Sumber Daya, Hubungan Antar Organisasi, Karakteristik Agenda Pelaksanaan, Kondisi sosial politik dan ekonomi, disposisi/sikap. pelaksana.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Administrasi dan Kebijakan Publik 2022
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 24 Feb 2022 02:41
Last Modified: 13 Oct 2023 07:17
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/55864

Actions (login required)

View Item View Item