PENGARUH KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA DAN PEMANFATAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Survey pada BPKAD dan Inspektorat Pemerintah Kota Bandung)

Nadia Fitri, 174020022 and Dr. Elvira. Zeyn ,S.E.,M.Si.,AK.,CA, Pembimbing (2022) PENGARUH KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA DAN PEMANFATAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Survey pada BPKAD dan Inspektorat Pemerintah Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (592kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (599kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (299kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh kompetensi sumber daya manusia dan pemanfaatan teknologi informasi terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah pada Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) dan Inspektorat Pemerintah Kota Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif dengan menggunakan data primer. Sampel pada penelitian ini sebanyak 70 responden dengan sumber data yang diperoleh melalui hasil penyebaran kuesioner. Teknik sampling yang digunakan adalah Probability Sampling dengan metode Simple Random Sampling Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda, korelasi berganda, pengujian hipotesis dengan menggunakan uji parsial dan uji simultan serta analisis koefisien determinasi dengan bantuan menggunakan software SPSS IBM Statistics 25. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa secara parsial kompetensi sumber daya manusia dan pemanfaatan teknologi informasi berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah. Dimana besarnya pengaruh kompetensi sumber daya manusia sebesar 42,2% dan penerapan sistem akuntansi keuangan daerah sebesar 35,9% terhadap kualitas laporan keuangan daerah. Secara simultan kompetensi sumber daya manusia dan penerapan sistem akuntansi keuangan daerah berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan daerah sebesar 78,1%, sedangkan sisanya yaitu 21,9% merupakan pengaruh faktor diluar kedua variabel independen yang sedang diteliti, seperti sistem pengendalian internal, penerapan standar akuntansi pemerintah, penerapan sistem akuntansi keuangan dan sistem informasi akuntansi. Kata kunci: Kompensi Sumber Daya Manusia, Pemanfaatan Teknologi Informasi, Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2017
Depositing User: Mr Farid -
Date Deposited: 24 Feb 2022 02:25
Last Modified: 24 Feb 2022 02:41
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/55856

Actions (login required)

View Item View Item