PENGARUH PELAKSANAAN WHISTLEBLOWING SYSTEM DAN EFEKTIVITAS AUDIT INTERNAL TERHADAP PENCEGAHAN KECURANGAN (FRAUD) DAN DAMPAKNYA TERHADAP OPINI AUDIT (Studi Kasus Pada PT Kereta Api Indonesia (Persero)

Bunga Agnesia Agustina, 164020022 and Dr. Hj. Liza Laila Nurwulan,SE.,MSi,AK,CA, Pembimbing (2022) PENGARUH PELAKSANAAN WHISTLEBLOWING SYSTEM DAN EFEKTIVITAS AUDIT INTERNAL TERHADAP PENCEGAHAN KECURANGAN (FRAUD) DAN DAMPAKNYA TERHADAP OPINI AUDIT (Studi Kasus Pada PT Kereta Api Indonesia (Persero). Skripsi(S1) thesis, Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas.

[img]
Preview
Text
Judul Skripsi Bunga.pdf

Download (497kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I Bunga.pdf

Download (537kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II Bunga.pdf

Download (796kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III Bunga.pdf

Download (935kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan Bunga.pdf

Download (222kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mrnguji dan menganalisis pengaruh Pelaksanaan Whistleblowing System dan Efektivitas Audit Internal Terhadap Pencegahan Kecurangan (Fraud) dan Dampaknya Terhadap Opini Audit. Sampel pada penelitian ini adalah keseluruhan auditor pada Unit SPI (Satuan Pengawas Internal) pada PT Kereta Api Indonesia (Persero). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui data primer dengan menyebarkan kuesioner. Analisis Statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, analisis jalur, koefisien korelasi, dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan pada model sub-struktur pertama dapat dilihat bahwa secara simultan besarnya pengaruh pelaksanaan whistleblowing system dan efektivitas audit internal sebesar 40,2% dan sisanya sebesar 59,8% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti. Sedangkan secara parsial besarnya pengaruh pelaksanaan whistleblowing system terhadap pencegaahan kecurangan (fraud) sebesar 18,2%, efektivitas audit internal terhadap pencegahan kecurangan sebesar 23,6%. Hasil penelitian yang telah dilakukan pada model sub-struktur kedua menunjukan pencegahan kecurangan (fraud) terhadap opini audit sebesar 18,7% , kemudian besarnya pengaruh pelaksanaan whistleblowing system terhadap opini audit melalui pencegahan kecurangan sebesar 18,4%, dan efektivitas audit internal terhadap opini audit melalui pencegahan kecurangan (fraud) sebesar 14,4%. Kata Kunci : Pelaksanaan Whistleblowing System, Efektivitas Audit Internal, Pencegahan Kecurangan, Opini Audit.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2016
Depositing User: Mr Farid -
Date Deposited: 22 Feb 2022 01:46
Last Modified: 22 Feb 2022 01:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/55812

Actions (login required)

View Item View Item