PENGARUH ENTERPRISE RISK MANAGEMENT, INTELLECTUAL CAPITAL, CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA KEUANGAN (Studi pada Perusahaan BUMN Sektor Manufaktur Tahun 2014-2018)

Yuliana Pratiwi, 164020183 and Isye Siti Aisyah, SE.,MSi,AK,CA, Pembimbing (2022) PENGARUH ENTERPRISE RISK MANAGEMENT, INTELLECTUAL CAPITAL, CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA KEUANGAN (Studi pada Perusahaan BUMN Sektor Manufaktur Tahun 2014-2018). Skripsi(S1) thesis, Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas.

[img]
Preview
Text
Persyaratan Wisuda_Yuliana Pratiwi_164020183_Akuntansi.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk memberi gambaran tentang kinerja keuangan pada perusahaan BUMN sektor manufaktur periode tahun 2014-2018 dan untuk mengetahui pengaruh enterprise risk management, intellectual capital, corporate social responsibility dan good corporate governance terhadap kinerja keuangan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif. Dalam penelitian ini dari 31 perusahaan BUMN Sektor Manufaktur, diambil 10 perusahaan dengan menggunakan Purposive Sampling. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dengan menggunakan data laporan keuangan dan laporan tahunan periode 2014-2018. Data penelitian diolah menggunakan software SPSS Versi 22 untuk menguji uji asumsi klasik, analisis regresi, analisis korelasi, uji hipotesis dan koefisien determinasi. Secara parsial, enterprise risk management, intellectual capital dan good corporate governance berpengaruh terhadap kinerja keuangan, sedangkan corporate social responsibility tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan. Besarnya pengaruh enterprise risk management terhadap kinerja keuangan yaitu 16,2%. Besarnya pengaruh intellectual capital terhadap kinerja keuangan yaitu 15,1%. Besarnya pengaruh good corporate governance terhadap kinerja keuangan yaitu 9,8%. Sedangkan corporate social responsibility tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan karena hanya memberikan kontribusi sebesar 3,1%. Secara simultan, enterprise risk management, intellectual capital, corporate social responsibility dan good corporate governance berpengaruh terhadap kinerja keuangan, besarnya pengaruh enterprise risk management, intellectual capital, corporate social responsibility dan good corporate governance yaitu 44,3% dan sisanya, 55,7% merupakan pengaruh dari faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis seperti Return On Equity (ROE), Net Interest Margin (NIM) atau Beban Operasi terhadap Pendapatan Operasional (BOPO). Kata kunci: Enterprise Risk Management, Intellectual Capital, Corporate Social Responsibility, Good Corporate Governance dan Kinerja Keuangan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Depositing User: Mr Farid -
Date Deposited: 22 Feb 2022 01:42
Last Modified: 22 Feb 2022 01:42
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/55811

Actions (login required)

View Item View Item