PENGARUH RISK MANAGEMENT COMMITTEE, DAN STRUKTUR GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP PENGUNGKAPAN ENTERPRISE RISK MANAGEMENT (Studi pada Perusahaan Sektor Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2019)

Muhammad Naufal Fadhillah Yudiati Putra, 174020023 and Taty Sariwulan, SE.,MSi,AK.,CA, Pembimbing (2022) PENGARUH RISK MANAGEMENT COMMITTEE, DAN STRUKTUR GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP PENGUNGKAPAN ENTERPRISE RISK MANAGEMENT (Studi pada Perusahaan Sektor Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2019). Skripsi(S1) thesis, Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1-3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (512kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi enterprise risk management. Faktor yang diuji dalam penelitian ini adalah risk management committee, ukuran dewan komisaris, ukuran dewan direksi, dan konsentrasi kepemilikan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa laporan tahunan yang diperoleh dari website resmi www.idx.co.id. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Dalam hal ini populasi perusahaan berjumlah 182 perusahaan dan sampel berjumlah 144 perusahaan yang memperoleh 432 laporan tahunan perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2017-2019. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, analisis korelasi, koefisien determinasi, uji F, dan uji hipotesis serta pengolahan data. Sedangkan pengujian hipotesis yang digunakan adalah statistik uji parsial (uji t) menggunakan SPSS 25 for Windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa risk management committee dan ukuran dewan komisaris berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan enterprise risk management. Kemudian ukuran dewan direksi dan konsentrasi kepemilikan tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan enterprise risk management. Kata Kunci : Risk Management Committee, Ukuran Dewan Komisaris, Ukuran Dewan Direksi, Konsentrasi Kepemilikan, Enterprise Risk Management.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2017
Depositing User: Mr Farid -
Date Deposited: 21 Feb 2022 13:07
Last Modified: 21 Feb 2022 13:08
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/55802

Actions (login required)

View Item View Item