PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP TAX AVOIDANCE (Studi pada Perusahaan Pertambangan Sub Sektor Batu Bara yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2019)

Aprina Fauziah, 174020064 and Justinia Castellani, SE.,MSi,AK.,CA, Pembimbing (2022) PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP TAX AVOIDANCE (Studi pada Perusahaan Pertambangan Sub Sektor Batu Bara yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2019). Skripsi(S1) thesis, Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (664kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (760kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (35kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh profitabilitas, leverage, dan pertumbuhan penjualan terhadap tax avoidance pada perusahaan pertambangan sub sektor batu bara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2019. Variabel independen dalam penelitian ini adalah return on assets (ROA), debt to equity ratio (DER), dan net sales growth ratio (NSGR). Sedangkan untuk variabel dependen dalam penelitian ini menggunakan cash effective tax rate (CETR). Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan analisis deskriptif dan verifikatif. Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan pertambangan sub sektor batu bara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2019 berjumlah 25 perusahaan. Metode penelitian menggunakan non probability sampling dengan teknik purposive sampling dengan total sampel 9 perusahaan yang memenuhi kriteria. Penelitian dilakukan dengan cara mempelajari dan melakukan pengambilan data melalui web dan documenter. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis korelasi, Uji (t), koefisien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa profitabilitas dan pertumbuhan penjualan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap tax avoidance. Sedangkan leverage tidak berpengaruh signifikan terhadap tax avoidance. Dengan kontribusi pengaruh profitabilitas 24,5%, leverage 0,4%, pertumbuhan penjualan 11,9%. Kata Kunci: Profitabilitas, Leverage, Pertumbuhan Penjualan dan Tax Avoidance

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2017
Depositing User: Mr Farid -
Date Deposited: 21 Feb 2022 06:21
Last Modified: 21 Feb 2022 06:21
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/55779

Actions (login required)

View Item View Item