PERANCANGAN SISTEM MANUFAKTUR DENGAN PENDEKATAN ENTERPRISE RESOURCE PLANNING (ERP) & MANUFACTURING EXECUTION SYSTEM (MES) DENGAN METODE RAPID APPLICATION DEVELOPMENT (RAD) (STUDI KASUS: PT. XYZ)

Nulhakim, Lukman and Yogaswara, Yogi and Tarliah, Tjutju (2022) PERANCANGAN SISTEM MANUFAKTUR DENGAN PENDEKATAN ENTERPRISE RESOURCE PLANNING (ERP) & MANUFACTURING EXECUTION SYSTEM (MES) DENGAN METODE RAPID APPLICATION DEVELOPMENT (RAD) (STUDI KASUS: PT. XYZ). Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Artikel Lukman Nulhakim MTI - Copy.docx

Download (62kB)

Abstract

Penelitian ini menjelaskan manajemen proyek tahapan rancangan prototype sistem ERP & MES di PT. XYZ dengan metode Rapid Application Development (RAD), proses development aplikasi dilakukan oleh vendor. Guna menunjang keberhasilan rancangan protype sistem aplikasi maka diperlukan data internal perusahaan existing, usulan proses bisnis dan alur interaksi antara funsional yang digambarkan dengan use case diagram. PT. XYZ adalah perusahaan yang bergerak dibidang manufaktur makanan (food industry). Pada PT. XYZ dalam hal aktifitas pencatatan transaksi dan pengolahan data masih manual dengan mencatat di buku dan mengolah data dengan komputer menggunakan software Microsoft Office Excel, seperti forecast sales, PO customer record, production planning, kalkulasi kebutuhan material untuk produksi, inventory control dan rencana pengiriman produk, pada kondisi existing dikarenakan proses operasional internal masih manual sehingga pengiriman produk kekonsumen lebih dari tujuh hari dan ditemukan beberapakali mengalami keterlambatan pengiriman produk ke konsumen, lead time pengiriman produk diharapkan kurang dari tujuh hari sejak PO diterima dari customer dengan catatan kondisi bahan baku untuk produksi tersedia. Seiring dengan bertambahnya volume penjualan setiap tahunnya, maka diperlukan proses operasional yang lebih efisien baik dari segi waktu dan biaya, untuk menunjang perkembangan bisnis kedepannya maka diperlukan impelementasi sistem informasi ERP & MES yang terintegrasi antar fungsional. Kata Kunci: ERP, MES, Pengembangan sistem informasi, SWOT, RAD.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2022
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 19 Feb 2022 03:39
Last Modified: 26 Jun 2023 08:13
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/55765

Actions (login required)

View Item View Item