STRATEGI PENGEMBANGAN KELEMBAGAAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUM DESA) DI KOTA BANJAR INSTITUTIONAL DEVELOPMENT STRATEGY VILLAGE OWNED BUSINESS AGENCY (VILLAGE BUM) IN THE CITY OF BANJAR

Nia Kania Permasih, Soleh Suryadi, Bambang Heru P, NPM. 159020037 (2022) STRATEGI PENGEMBANGAN KELEMBAGAAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUM DESA) DI KOTA BANJAR INSTITUTIONAL DEVELOPMENT STRATEGY VILLAGE OWNED BUSINESS AGENCY (VILLAGE BUM) IN THE CITY OF BANJAR. Disertasi(S3) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Nia Kania Permasih_DIS - Copy.doc

Download (135kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan belum efektifnya pengelolaan BUM Desa untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat desa di Kota Banjar. Hal ini ditandai dengan masih minimnya kualitas sumber daya manusia, keterbatasan sarana prasarana, rendahnya inovasi, minimnya pemanfaatan teknologi informasi, serta rendahnya dukungan stakeholder dari berbagai pihak dalam melakukan kerjasama. Penelitian difokuskan pada kajian mengenai strategi kelembagaan menggunakan teori Matachi (2006) meliputi pengembangan kapasitas individual, organization dan environment level. Dengan tujuan penelitian untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan dan faktor-faktor yang menyebabkan belum efektifnya pengembangan kelembagaan, serta strategi yang efektif pada pengembangan kelembagaan Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) di Kota Banjar. Metode penelitian menggunakan deskriptif analisis dengan pendekatan penelitian kualitatif (qualitative research). Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara, studi kepustakaan, dan observasi. Kemudian teknik analisa data yang digunakan dengan tehnik triangulasi data dan analisis SWOT. Hasil penelitian menjelaskan bahwa pengembangan kelembagaan BUM Desa pada environment level menyangkut peraturan atau kebijakan sudah sangat jelas terencana, namun demikian pada individual dan organization level dapat dikatakan belum maksimal, diperlukan upaya yang lebih kongkrit berkaitan ketersediaan sumber daya manusia dan keterbatasan anggaran serta mewujudkan kemitraan dengan pihak stakeholder. Dan faktor-faktor yang menyebabkan pengembangan kelembagaan BUM Desa di Kota Banjar belum efektif disebabkan ketersediaan sumber daya manusia, anggaran maupun sarana prasarana sangat terbatas. pelaksanaan koordinasi antar sektor lintas sektor dinas dan stakeholder belum terlaksana secara efektif, ketersediaan Standar Operasional Prosedur (SOP) dan struktur kerja belum terlaksana secara efektif, dan disposisi atau sikap para pelaksana berkaitan dengan pemahaman, kapabilitas, komitmen, dan kualitas kepemimpinan belum optimal. Maka strategi yang efektif pada pengembangan kelembagaan BUM Desa di Kota Banjar yaitu melalui strategi pengembangan kelembagaan didukung penguatan aspek integritas dan konsistensi sekaligus sebagai novelty penelitian dan menjadi indikator penting untuk meningkatkan sikap profesionalisme dan kontinuitas seluruh pihak yang terlibat. Pada akhirnya tertuju rekomendasi melalui pembentukan lembaga yang refresentatif sebagai wadah penyatuan esensi pengembangan kelembagaan dengan Pembentukan Tim Terpadu diharapkan mampu berperan nyata pada pengembangan BUM Desa melalui strategi aliansi di Kota Banjar. Kata Kunci : Strategi, Pengembangan Kelembagaan, BUM Desa.

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Sosial 2022
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 17 Feb 2022 06:40
Last Modified: 18 Feb 2022 06:30
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/55748

Actions (login required)

View Item View Item