PENGARUH PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH DAN SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN DAERAH TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN DAERAH (Studi Empiris pada Badan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah (BPKAD) dan Inspektorat Kabupaten Garut)

Meylinda Nuryanti, 174020168 and Dr. Elvira. Zeyn ,S.E.,M.Si.,AK.,CA, Pembimbing (2022) PENGARUH PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH DAN SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN DAERAH TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN DAERAH (Studi Empiris pada Badan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah (BPKAD) dan Inspektorat Kabupaten Garut). Skripsi(S1) thesis, Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_Meylinda Bismillah.pdf

Download (583kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_Meylinda Bismillah.pdf

Download (699kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III_Meylinda Bismillah.pdf

Download (867kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (69kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh, menganalisis, dan menjelaskan pengaruh pengelolaan keuangan daerah dan sistem akuntansi keuangan daerah terhadap kualitas laporan keuangan daerah (studi empiris pada BPKAD dan Inspektorat Kabupaten Garut). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriftif dan verifikatif. Populasi pada penelitian ini adalah PPK-SKPD yaitu kepala badan subbagian akuntansi pada BPKAD dan staff subbagian akuntansi serta inspektur dan auditor pada Inspektorat Kabupaten Garut.Teknik sampling yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan metode teknik sampling jenuh. Jenis data yang digunakan adalah data primer dengan menggunakan kuesioner. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 40 responden. Data penelitian yang diolah menggunakan software IBM SPSS Statistics Versi 25. Penelitian menggunakan analisis regresi berganda, analisis korelasi, uji t, uji f dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengelolaan keuangan daerah dan sistem akuntansi keuangan daerah berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan daerah sebesar 59,0%. Secara parsial pengelolaan keuangan daerah berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan daerah sebesar 30,0% sedangkan sistem akuntansi keuangan daerah berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan daerah sebesar 29,0%. Sedangkan sisanya yaitu sebesar 41,0% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis seperti sistem pengendalian intern, kompetensi sumber daya manusia, standar akuntansi keuangan dan pengawasan intern. Kata kunci: Pengelolaan Keuangan Daerah, Sistem Akuntansi Keuangan Daerah dan Kualitas Laporan Keuangan Daerah

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2017
Depositing User: Mr Farid -
Date Deposited: 15 Feb 2022 07:15
Last Modified: 15 Feb 2022 07:15
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/55676

Actions (login required)

View Item View Item