PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada Perusahaan Pertambangan Sub Sektor Batu Bara Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2015-2019)

Mega Siska Meliala, 174020051 and R. Muchamad Noch, Drs, M.Ak.,AK.,CA, Pembimbing (2022) PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada Perusahaan Pertambangan Sub Sektor Batu Bara Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2015-2019). Skripsi(S1) thesis, Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (416kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (743kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (719kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (183kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Good Corporate Governance (dilihat dari Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial, Dewan Komisaris Independen, dan Komite Audit) dan Ukuran Perusahaan terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan pada Perusahaan Pertambangan Sub Sektor Batu Bara yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif verifikatif. Populasi dari penelitian ini yaitu sebanyak 29 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonrsia Periode 2015-2019. Metode pemilihan sampel penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan nilai total 21 perusahaan yang memenuhi kriteria. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji asumsi klasik dan pengujian hipotesis dengan analisis dengan analisis regresi berganda, analisis koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi, dan uji t. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Kepemilikan Institusional termasuk dalam kategori tinggi, Kepemilikan Manajerial termasuk dalam kategori sangat rendah, Dewan Komisaris Independen termasuk dalam kategori kurang memadai, komite audit termasuk dalam kategori sesuai aturan, untuk Ukuran perusahaan termasuk dalam kategori sedang. Dalam penerapan Good Corporate Governance, hanya Kepemilikan Institusional dan Dewan Komisaris Independen yang berpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan, sementara Kepemilikan Manajerial dan Komite Audit tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan, serta Ukuran Perusahaan berpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan. Kata Kunci: Good Corporate Governance, Ukuran Perusahaan, Kinerja Keuangan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2017
Depositing User: Mr Farid -
Date Deposited: 15 Feb 2022 03:00
Last Modified: 15 Feb 2022 03:01
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/55665

Actions (login required)

View Item View Item