PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN MEDIA VIRTUAL DALAM MENELAAH KETEPATAN STRUKTUR DAN KEBAHASAAN TEKS PERSUASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII SMPN 4 CIMAHI

Nia Anita, NPM : 188090025 (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN MEDIA VIRTUAL DALAM MENELAAH KETEPATAN STRUKTUR DAN KEBAHASAAN TEKS PERSUASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII SMPN 4 CIMAHI. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
Jurnal Nia Anita.docx

Download (16kB)

Abstract

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji: (a) pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dengan media virtual terhadap kemampuan peserta didik dalam menelaah struktur dan kebahasaan teks persuasi, (b) perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran ekspositori (konvensional), (c) dampak penggunaan model pembelajaran berbasis masalah dengan media virtual terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam menelaah struktur dan kebahasaan teks persuasi. Metode penelitian adalah Mix Method tipe The Embedded Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Cimahi, dan sampel dipilih secara acak atau (random sampling), yaitu kelas VIII K sebagai kelas eksperimen, dan kelas VIII J sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan tes dan non tes. Instrumen tes berupa tes kemampuan menelaah struktur dan kebahasaan teks persuasi, berpikir kritis dan soal non tes berupa angket dan wawancara. Berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis, diperoleh kesimpulan bahwa: Terjadi peningkatan kualitas hasil belajar yang cukup baik untuk kemampuan menelaah struktur dan kebahasaan teks persuasi dengan media virtual dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran ekspositori (konvensional). Kemampuan berpikir kritis yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan media virtual lebih baik dibandingkan dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran ekspositori (konvensional. Penggunaan model pembelajaran berbasis masalah dengan media virtual berdampak terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam menelaah struktur dan kebahasaan teks persuasi.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2022
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 14 Feb 2022 08:12
Last Modified: 14 Feb 2022 08:12
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/55659

Actions (login required)

View Item View Item