KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF EFFICACY DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS APLIKASI GEOGEBRA PADA SISWA SMP

EVIE DWI HANDAYANI, NPM : 208060002 (2022) KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF EFFICACY DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS APLIKASI GEOGEBRA PADA SISWA SMP. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
Artikel Evie Dwi Handayani.docx

Download (83kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi masih rendahnya kemampuan Pemecahan Masalah dan Self Efficacy Siswa SMP dalam belajar matematika. Dengan demikian tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang memperoleh pembelajaran Problem Based Learning berbasis aplikasi GeoGebra berdasarkan keseluruhan dan Kemampuan Awal Matematika (KAM) peserta didik (unggul dan asor) dan self efficacy peserta didik serta bagaimana korelasi antara kemampuan pemecahan masalah dengan self efficacy peserta didik. Desain penelitian ini adalah sequential explanatory design dengan metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah instrument tes, angket, lembar observasi dan pedoman wawancara. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas IX di SMPN 2 Karawang Timur, dengan jumlah peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing berjumlah 36 peserta didik. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan software SPSS dan Microsoft Excel, Uji statistics yang digunakan adalah Uji t, Uji Mann Whitney dan Uji Korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang memperoleh pembelajaran dengan model Problem Based learning berbantuan GeoGebra lebih tinggi daripada peserta didik yang memperoleh pembelajaran biasa ditinjau dari keseluruhan siswa; (2) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang memperoleh pembelajaran dengan model Problem Based learning berbantuan GeoGebra lebih tinggi daripada peserta didik yang memperoleh pembelajaran biasa ditinjau dari KAM siswa; (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan KAM siswa; (4) Self Efficacy peserta didik yang memperoleh pembelajaran dengan model Problem Based Learning berbantuan GeoGebra lebih baik daripada peserta didik yang memperoleh pembelajaran biasa; (5) Tidak terdapat korelasi antara kemampuan pemecahan masalah dengan Self Efficacy peserta didik. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Self Efficacy, Problem Based Learning, Aplikasi GeoGebra

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2022
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 12 Feb 2022 07:34
Last Modified: 12 Feb 2022 07:34
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/55646

Actions (login required)

View Item View Item