PENINGKATAN KETERAMPILAN MENEMUKAN GAGASAN UTAMA TEKS OBSERVASI DENGAN METODE DISCOVERY LEARNING DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MINAT BACA SISWA KELAS VII MTs NEGERI 1 PURWAKARTA

YENI NURHAYANI, NPM. 188090023 (2022) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENEMUKAN GAGASAN UTAMA TEKS OBSERVASI DENGAN METODE DISCOVERY LEARNING DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MINAT BACA SISWA KELAS VII MTs NEGERI 1 PURWAKARTA. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
YENI NURHAYANI_MBI - Copy.docx

Download (43kB)
[img] Text
[02] Abstrak-Dafis-Kapeng1.docx

Download (64kB)

Abstract

Penelitian bertujuan: (1) Mendeskripsikan proses pembelajaran membaca teks observasi menggunakan metode discovery learning; (2) Mengukur peningkatan keterampilan menemukan gagasan utama teks observasi; (3) Mendeskripsikan dampak penggunaan metode discovery learning terhadap kemampuan berpikir krtitis dan minat baca siswa. Metode yang digunakan adalah metode campuran (Mixed Method). Populasi penelitian adalah siswa kelas VII MTs Negeri 1 Kabupaten Purwakarta Tahun Pelajaran 2020-2021 sampelnya kelas VII-A sebanyak 40 siswa/responden. Data dikumpulkan melalui instrument penelitian (tes dan kuesioner). Instrumen tes mengumpulkan data variable X1 (Menemukan Gagasan Utama) dan data variabel X2 (Kemampuan Berpikir Kritis), sedangkan kuesioner data variabel Y (Tentang Minat Baca). Pengujian hipotesis menggunakan statistik parametris dengan teknik analisis Determinasi dan dianalisis menggunakan perangkat lunak SPSS. Hasil penelitian menunjukkan: (1) proses pembelajaran menggunakan metode discovery learning membuat siswa responsif dan aktif di kelas; (2) melalui hasil uji-t diperoleh nilai Thitung postest sebesar 49,801. Ttabel = 2,02269, dengan nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000. Terdapat peningkatan tes kemampuan menemukan gagasan utama teks observasi setelah menggunakan metode discovery learning; (3) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan minat baca siswa. Diperoleh melalui uji normalitas skor yang berdistribusi normal. Dilihat dari data hasil perhitungan dengan menggunakan uji-t KolmogorovĀ¬ Smirnov. Thitung = 90,578, Sig = 0,000 Ttabel = 3.31279. Dengan analisis hasil uji statistik diperoleh 0,000 < a (0,05 atau Thitung (90,578) > 3.31279, Ho ditolak. Artinya terdapat peningkatan berpikir kritis siswa setelah menggunakan metode discovery learning. Dari hasil uji determinasi, diketahui nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,116. Besarnya angka koefisien determinasi (R Square) 0,116 sama dengan 11,6%. Maka dampak penggunaan metode discovery learning terhadap kemampuan berpikir krtitis dan minat baca siswa memperoleh peningkatan sebesar 11,6% sisanya 88,4% dipengaruhi oleh variabel lain. Kata-kata kunci: berpikir kritis, discovery learning, gagasan utama, minat baca.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2022
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 11 Feb 2022 01:36
Last Modified: 11 Feb 2022 02:17
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/55643

Actions (login required)

View Item View Item