PENGARUH PENYAMPAIAN JASA TERHADAP KEPUASAN PASIEN SERTA IMPLIKASINYA PADA KEPERCAYAAN DI KLINIK AL MA’SOEM KABUPATEN BANDUNG

YENA ROHANIAH ISKANDAR MA’SOEM, NPM: 188020136 (2022) PENGARUH PENYAMPAIAN JASA TERHADAP KEPUASAN PASIEN SERTA IMPLIKASINYA PADA KEPERCAYAAN DI KLINIK AL MA’SOEM KABUPATEN BANDUNG. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
YENA ROHANIAH ISKANDAR MA’SOEM_MM copy.docx

Download (189kB)

Abstract

Kesehatan merupakan aspek yang sangat penting dan kebutuhan mendasar bagi setiap orang, karena dapat menjadi investasi bagi pembangunan sumber daya manusia yang produktif secara sosial dan ekonomis. Pentingnya aspek kesehatan dan pemenuhan kesehatan masyarakat menjadi tanggung jawab organisasi layanan kesehatan termasuk Klinik Al Ma’soem. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan fenomena yang terjadi pada penyampaian jasa, kepuasan pasien, kepercayaan pasien serta hubungan kausalitas penyampaian jasa, kepuasan pasien dan kepercayaan pasien di Klinik Al Ma’soem Kabupaten Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif verifikatif dengan ukuran sampel 190 orang, analisis data menggunakan AMOS dan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyampaian jasa tercapai dengan nilai rata-rata dan standar deviasi 4.24 ± 0.75, kepuasan pasien 4.23 ± 0.67 dan kepercayaan pasien 4.42 ± 0.62. Besarnya pengaruh penyampaian jasa terhadap kepuasan pasien 76.20%, penyampaian jasa terhadap kepercayaan pasien 10.89%, kepuasan pasien terhadap kepercayaan pasien 30.25% dan penyampaian jasa terhadap kepercayaan pasien melalui kepuasan pasien 26.68%. Tingginya tingkat persepsi dan tingkat hubungan kausalitas dari penyampaian jasa, kepuasan pasien dan kepercayaan pasien menjelaskan bahwa kepercayaan pasien sangat ditentukan melalui penyampaian jasa baik secara langsung maupun melalui kepuasan pasien terhadap kepercayaan pasien maupun dari kepuasan pasien terhadap kepercayaan pasien. Artinya bahwa penyampaian jasa, kepuasan pasien, serta kepercayaan pasien menjadi faktor yang sangat penting dan menentukan keberlangsungan Klinik Al Ma’soem Kabupaten Bandung. Kata Kunci: Penyampaian Jasa, Kepuasan dan Kepercayaan Pasien

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2022
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 02 Feb 2022 07:51
Last Modified: 05 Feb 2022 07:14
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/55454

Actions (login required)

View Item View Item