STRATEGI PENGEMBANGAN ORGANISASI DALAM PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN ANGKUTAN KA DI PT KAI (Wilayah Operasi 2 Bandung)

Erna Pujihartanti, Bambang Heru, Soleh Suryadi, NPM. 159020031 (2022) STRATEGI PENGEMBANGAN ORGANISASI DALAM PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN ANGKUTAN KA DI PT KAI (Wilayah Operasi 2 Bandung). Disertasi(S3) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Erna Pujihartanti_DIS copy.docx

Download (43kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena permasalahan pelayanan yang belum maksimal di PT KAI Daop 2 Bandung bagi penyandang disabilitas, ibu menyusui, dan lansia. Melalui strategi pengembangan organisasi dalam meningkatkan kualitas pelayanan transportasi kereta api di PT KAI Daop 2 Bandung bertujuan untuk mewujudkan harapan pengguna jasa kereta api untuk mendapatkan pelayanan yang maksimal, dan PT KAI Daop 2 Bandung mampu menjadi salah satu sarana termurah. transportasi dengan pelayanan yang menjangkau seluruh lapisan masyarakat di Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan teori pengembangan organisasi yang dikemukakan oleh Edward Hampton. Jelas bahwa dimensi Pengembangan Organisasi berkelanjutan menurut Edward Hampton (Organization Development at Work, 2003-28.29), yaitu sistematis, empati dan kompeten memiliki dampak positif dan sangat besar terhadap pengembangan organisasi di PT KAI khususnya di Daop 2 Bandung . Peneliti menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, studi pustaka dan studi dokumen. Analisis strategis yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan analisis TOWS dengan hasil akhir menghasilkan strategi strategi pengembangan organisasi dalam peningkatan kualitas pelayanan transportasi kereta api di PT KAI Daop 2. Hasil dari penelitian ini adalah: 1). PT KAI mengembangkan organisasi tidak cukup hanya dengan tiga variabel, dimensi Koordinasi dalam pengembangan organisasi diperlukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan pada PT KAI. Dalam suatu organisasi, setiap pemimpin perlu mengkoordinasikan kegiatan kepada anggotanya, bertujuan untuk melancarkan tugas dan wewenang. Pengembangan organisasi dalam peningkatan pelayanan transportasi Kereta Api selalu berpandangan jauh ke depan, dimana hal ini membutuhkan tekad dan inisiatif untuk selalu terbuka terhadap peluang baru, merevitalisasi daya saing dan memperbaharui kompetensi serta mengembangkan landasan bisnis yang berkelanjutan. 2). Hasil analisis TOWS berada pada Kuadran I sehingga strategi yang diterapkan adalah pengembangan organisasi yang sistematis, memiliki rasa empati, kompetensi dan koordinasi. Tanpa adanya koordinasi dalam setiap pekerjaan, tujuan perusahaan tidak akan tercapai. Kata kunci: Strategi Pengembangan Organisasi dan Analisis TOWS

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Sosial 2022
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 24 Jan 2022 02:31
Last Modified: 24 Jan 2022 02:31
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/55374

Actions (login required)

View Item View Item