CHAMELIA, LIA, 175060009 (2022) ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN WHATSAPP DI SEKOLAH DASAR DAERAH TERPENCIL SELAMA MASA PANDEMI COVID-19. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (292kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text
8. ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (150kB) | Preview |
|
|
Text
9. ABSTRAK SUNDA.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB I.pdf Download (473kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB II.pdf Download (334kB) | Preview |
|
Text
14. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (354kB) |
||
Text
15. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (423kB) |
||
Text
16. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (163kB) |
||
|
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (332kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran daring di Sekolah Dasar daerah terpencil selama masa pandemi covid-19 ternyata memiliki beberapa kendala dalam pelaksanaannya, seperti kendala jaringan yang tidak stabil, kemudian banyak peserta didik yang tidak mempunyai handphone sendiri, banyak guru-guru yang tidak paham dalam penggunaan teknologi, bahkan banyak orang tua peserta didik juga yang tidak paham dalam penggunaan teknologi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kendala dalam kegiatan pembelajaran di Sekolah Dasar daerah terpencil selama masa pandemi covid-19. Untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran whatsapp di Sekolah Dasar selama masa pandemi covid-19 dan untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran whatsapp di Sekolah Dasar daerah terpencil selama masa pandemi covid-19. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi literatur dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data sekunder yang berasal dari berbagai literatur seperti buku dan jurnal. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tiga proses yaitu editing, organizing, dan finding. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data induktif dan komparatif. Hasil dari penelitian ini bahwa hanya terdapat 15% peningkatan dalam penggunaan media pembelajaran whatsapp di Sekolah Dasar daerah terpencil selama masa pandemi covid-19 dan 85% menyatakan tidak terdapat peningkatan dalam penggunaan media pembelajaran whatsapp di Sekolah Dasar daerah terpencil selama masa pandemi covid-19. Hal tersebut dikarenakan banyaknya kendala yang ditemukan, sehingga mengakibatkan kegiatan pembelajaran daring tidak berjalan secara maksimal. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa dengan banyaknya kendala yang ditemukan mengakibatkan penggunaan media pembelajaran whatsapp di Sekolah Dasar daerah terpencil selama masa pandemi covid-19 tidak berjalan secara efektif. Dengan keadaan seperti itu pemerintah dapat lebih memfasilitasi sarana dan prasarana pembelajaran bagi Sekolah Dasar yang berada di daerah terpencil. Kata Kunci: Whatsapp, Daerah Terpencil, Covid-19.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2021 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 21 Jan 2022 09:36 |
Last Modified: | 21 Jan 2022 09:36 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/55359 |
Actions (login required)
View Item |