ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR ( Penelitian Studi Kepustakaan )

Karimah , Ayu Ansor, 175060155 (2022) ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR ( Penelitian Studi Kepustakaan ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstark Indonesia.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.. Abstrak Inggris.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6... Abstrak Sunda.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (455kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (373kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (306kB)
[img] Text
BAB V .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (378kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena motivasi belajar peserta didik yang rendah. Penyebab rendahnya motivasi belajar peserta didik yaitu tidak adanya minat untuk belajar, tidak tekun menghadapi tugas, cepat putus asa saat menghadapi kesulitan. Beberapa penyebab dari masalah tersebut di antaranya karena proses pembelajaran masih menggunakan pembelajaran konvensional. Oleh karena itu, perlu dilakukan inovasi model pembelajaran yang selaras dengan kebutuhan dan kenyataan yang terjadi sekarang. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan ialah model Problem Based Learning Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui konsep model Problem Based Learning .2) Untuk mengetahui kondisi motivasi belajar peserta didik selama ini, 3) Untuk mengetahui penggunaan model Problem Based Learning berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kulitatif dengan jenis penelitian yang dipakai adalah studi kepustakaan ( librarary research ). Sumber data yang dipeproleh dari buku, jurnal-jurnal ,artikel dan publikasi dengan mengumpulkan beberapa penelitian terdahulu tentang model Problem Based Learning terhadap motivasi belajar peserta didik. Berdasarkan jurnal- jurnal penelitian yang peneliti analisis, menunjukan bahwa model Problem Based Learning berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik sekolah dasar ,dilihat dari hasil tes belajar peserta didik dalam motivasi belajar peserta didik SD mengalami peningkatan. Belajar peserta didik melalui model Problem Based Learning menunjukkan adanya pengaruh, dilihat dari kelas yang diberi perlakuan dengan menggunakan model Problem Based Learnin nilainya lebih tinggi dibandingkan kelas yang diberi perlakuan model konvensional. Kata Kunci: Model Problem Based Learning dan Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2021
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 21 Jan 2022 09:17
Last Modified: 21 Jan 2022 09:17
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/55356

Actions (login required)

View Item View Item