ANALISIS PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR

AGUSTIN, RIKEU HERTINA, 175060072 (2022) ANALISIS PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. 175060072_RIKEU HERTINA AGUSTIN_COVER.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 175060072_RIKEU HERTINA AGUSTIN_LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 175060072_RIKEU HERTINA AGUSTIN_ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 175060072_RIKEU HERTINA AGUSTIN_ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 175060072_RIKEU HERTINA AGUSTIN_ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. 175060072_RIKEU HERTINA AGUSTIN_BAB I.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. 175060072_RIKEU HERTINA AGUSTIN_BAB II.pdf

Download (115kB) | Preview
[img] Text
15. 175060072_RIKEU HERTINA AGUSTIN_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] Text
16. 175060072_RIKEU HERTINA AGUSTIN_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] Text
17. 175060072_RIKEU HERTINA AGUSTIN_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img]
Preview
Text
18. 175060072_RIKEU HERTINA AGUSTIN_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (151kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian studi literatur (library research) yang dimana merupakan penelitian yang mengumpulkan sumber – sumber berupa buku –buku, catatan – catatan, maupun berupa jurnal serta mendeskripsikan hasil alisis beberapa jurnal yang berkaitan dengan penelitian. Pada penelitian ini peneliti menggunakan 13 jurnal yang relevan yang dianalisis perannya dalam pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Kata kunci yang digunakan untuk penelusuran judul adalah Problem Based Learning, hasil belajar, sekolah dasar. Dalam pembelajaran tematik terpadu siswa diarahkan pada pembelajaran yang berpusat pada siswa, siswa aktif mencari, pembelajaran yang berbasis kelompok, dan menggunakan masalah dunia nyata sebagai suatu konteks bagi siswa untuk belajar tentang cara berpikir kritis dan keterampilan memcahkan masalah. Hal ini sejalan dengan model pembelajarm Problem Based Learning (PBL). Kelemahan dalam menggunakan model Problem Based Learning pada penelitian ini yaitu memerlukan biaya yang mahal serta waktu yang panjang, aktifitas siswa di luar sekolah sulit dipantau. Adapun kelebihan dari penelitian menggunakan model Problem Based Learning salah satunya adalah meningkatkan motivasi belajar siswa dan mengembangkan pemikiran kritis serta keterampilan kreatif siswa. Berdasarkan penelitian dan hasil analisis jurnal, maka model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan signifikan. Kata Kunci: Problem based learning, Hasil Belajar Siswa, Sekola Dasar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2021
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 21 Jan 2022 08:06
Last Modified: 21 Jan 2022 08:06
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/55349

Actions (login required)

View Item View Item