Kaji Esperimental Pengaruh Nilai Oktan Bahan Bakar, Celah Busi dan Kevakuman pada Intake Manifold terhadap Nilai Emisi Gas Buang (CO, HC, CO2 dan O2) pada Enjin Avanza VVT-i Tipe 3SZ-VE

Jeje Jaenal Aripin, Hery Sonawan, Gatot Santoso, NPM. 178070003 (2022) Kaji Esperimental Pengaruh Nilai Oktan Bahan Bakar, Celah Busi dan Kevakuman pada Intake Manifold terhadap Nilai Emisi Gas Buang (CO, HC, CO2 dan O2) pada Enjin Avanza VVT-i Tipe 3SZ-VE. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
3. JURNAL Jeje Jaenal Aripin_S2-MTM copy.docx

Download (37kB)

Abstract

Konstribusi emisi gas buang bermotor sebagai sumber polusi udara terbesar mencapai 70%, sedangkan sisanya sebesar 30% dari asap pabrik, open burning, kegiatan rumah tangga, pembakaran sampah, kebakaran hutan dan lain-lain. Inovasi yang dilakukan sebagai usaha untuk mengurangi emisi gas buang yang berbahaya yaitu dengan memodifikasi mesin, sistem bahan bakar, penggunaan bahan bakar yang berkualitas dan sistem gas buang. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh nilai oktan bahan bakar, celah busi dan kevakuman pada intake manifold terhadap nilai emisi gas buang (CO, HC, dan CO2) serta kadar O2 pada enjin Avanza VVT-i tipe 3SZ-VE. Penelitian ini menggunakan metode Factorial Design 23. Hasil pengujian menunjukkan adanya pengaruh terhadap penurunan maupun peningkatan kadar emisi gas buang untuk CO, HC, CO2 dan kadar O2. Main Effect paling berpengaruh terhadap penurunan CO, HC dan O2 adalah kevakuman pada intake manifold. Terjadi rata-rata penuruan CO sebesar 0.04%, HC sebesar 24.25 ppm, dan O2 sebesar 0.02%. Adapun untuk penurunan CO2 yang paling berpengaruh adalah nilai oktan bahan bakar sebesar rata-rata 0.11%. interaction effect, yang paling berpengaruh berpengaruh terhadap kenaikkan dan penurunan emisi gas buang CO, CO2 dan kadar O2 adalah kevakuman pada intake manifold dan nilai oktan bahan bakar, sementara untuk HC paling besar dipengaruhi oleh kevakuman pada intake manifold dan celah (gap) busi. Kata kunci: Kevakuman, celah (gap) busi, nilai oktan, main effect, interaction effect.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Teknik Mesin 2022
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 21 Jan 2022 02:55
Last Modified: 21 Jan 2022 02:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/55327

Actions (login required)

View Item View Item