ANALISIS ASPEK MAKNA DAN KAIDAH KEBAHASAAN PADA BIOGRAFI NADIEM MAKARIM THE YOUNGEST MILLENIAL MINSITER KARYA ARMADITA FIKRIANI SEBAGAI BAHAN AJAR KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS

FACHRURIA, ANNA, 165030069 (2022) ANALISIS ASPEK MAKNA DAN KAIDAH KEBAHASAAN PADA BIOGRAFI NADIEM MAKARIM THE YOUNGEST MILLENIAL MINSITER KARYA ARMADITA FIKRIANI SEBAGAI BAHAN AJAR KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
pengesahan.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (268kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis teks biografi Aspek makna dan kaidah kebahasaan pada Biografi Nadiem Makarim The Youngest Millenial Minister karya Armadita Fikriani sebagai alternatif bahan ajar kelas X Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini dilakukan untuk memberikan solusi bagi pendidik mengenai pemilihan bahan ajar yang bervariasi sesuai pembelajaran teks biografi di SMA. Teks biografi merupakan jenis teks baru dalam kurikulum 2013. Hal tersebut mengakibatkan peserta didik maupun pendidik kurang memahami dan mengembangkan konsep serta teori teks biografi dan sulit menemukan bahan ajar teks biografi. Metode penelitian yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini yaitu teks biografi pada biografi Nadiem Makarim The Youngest Millenial Minister karya Armadita Fikriani. Data penelitian ini berupa hasil aspek makna dan kaidah kebahasaan teks biografi. Hasil penelitian ini terdiri dari 85 teks biografi dalam biografi Nadiem Makarim The Youngest Millenial Minister karya Armadita Fikriani ini yaitu sebagai berikut. Pertama, aspek makna yang ditemukan pada biografi Nadiem Makarim The Youngest Millenial Minister, yaitu terdapat 41 data, orientasi, peristiwa/ masalah dan reorientasi. Kedua, kaidah kebahasaan yang ditemukan pada teks biografi dalam biografi Nadiem Makarim The Youngest Millenial Minister, yaitu terdapat pronomina, verba (tindakan), verba (pasif), adjektiva, konjungsi, numeralia, artikula, nomina, adverbia. Ketiga, pengembangan bahan ajar teks biografi dari hasil kajian teks biografi dalam biografi Nadiem Makarim The Youngest Millenial Minister dapat digunakan sebagai bahan ajar kelas X di Sekolah Menengah Atas. Kata kunci: analisis, teks biografi, bahan ajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2020
Depositing User: Mrs Nikita -
Date Deposited: 15 Jan 2022 07:17
Last Modified: 15 Jan 2022 07:17
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/54959

Actions (login required)

View Item View Item