POLA KOMUNIKASI BANDUNG MAX COMMUNITY DI KOTA BANDUNG “Studi Fenomenologi Bandung Max Community di Kota Bandung”

Witarsa Wattarman, NPM : 208080019 (2022) POLA KOMUNIKASI BANDUNG MAX COMMUNITY DI KOTA BANDUNG “Studi Fenomenologi Bandung Max Community di Kota Bandung”. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
Jurnal Tesis - Witarsa Wattarman - 208080019 copy.docx

Download (64kB)

Abstract

Komunikasi organisasi menurut definisi R. Wayne Pace dan Don F. Faules (1998) dalam Mahmuh (2008:5) dibagi menjadi dua, yakni definisi fungsional dan definisi interpretatif. Definisi fungsional komunikasi organisasi adalah sebagai pertunjukan dan penafsiran pesan diantara unit- unit komunikasi yang merupakan bagian dari suatu organisasi tertentu. Suatu organisasi terdiri dari unit-unit komunikasi dalam hubungan-hubungan hirarki antara yang satu dengan yang lainnya dan berfungsi dalam suatu hubungan. Sedangkan definisi interpretatif komunikasi organisasi cenderung menekankan pada kegiatan penanganan pesan yang terkandung dalam suatu “batas organisasional”. Komunikasi organisasi sangat penting dalam mengaplikasikan kehidupan sehari-hari, terutama pada organisasi yang memiliki arus komunikasi berupa penyampaian pesan dari pimpinan kepada anggota organisasi, dan dari anggota kepada pimpinan atas sebuah peraturan- peraturan dalam sebuah orgaisasi yang telah dibuat dan dijalani serta ditaati. Serta memiliki peranan komunikasi yang merupakan bagian dari pola-pola komunikasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pola komunikasi, motivasi anggota, pengurus, penasehat dan dewan pengawas Bandung Max Community. Penelitian ini sangat menarik untuk di eksplorasi karena interaksi dan komunikasi komunitas motor Bandung Max Community adalah faktor penting dalam perkembangan Bandung Max Community sebagai organisasi. Penelitian ini akan diarahkan pada studi fenomenologi kualitatif Bandung Max Community sebagai organisasi komunitas. Objek penelitian ini adalah Bandung Max Community sebagai sebuah organisasi untuk mengetahui pola komunikasi yang terjadi dalam struktur organisasi Bandung Max Community. Penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara dan observasi pada komunitas motor Bandung Max Community. Teknik analisis data dalam penelitian ini, dilakukan dengan cara mereduksi data, mengorganisasikan data, mencari dan menemukan pola, menemukan apa yang penting dan apa yang dipelajari, dan memutuskan apa yang dapat dituliskan dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perlu adanya pemahaman tentang pola komunikasi organisasi, karena pola komunikasi organisasi dapat membantu kinerja pengurus organisasi, untuk memberikan kemampuan terbaiknya dalam memanfaatkan kesempatan yang diberikan organisasinya. Keadaan ini akan bermanfaat bagi anggota dan pengurus untuk meningkatkan kualitas pola komunikasi organisasinya, sehingga tujuan yang diterapkan Bandung Max Community dapat tercapai dengan baik. Kata Kunci: Komunikasi organisasi, Pola komunikasi, Bandung Max Community

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Ilmu Komunikasi 2022
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 15 Jan 2022 04:13
Last Modified: 15 Jan 2022 04:13
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/54957

Actions (login required)

View Item View Item