MANAJEMEN KURIKULUM PESANTREN INTEGRATIF (PENELITIAN DI PONDOK PESANTREN MIFTAHUL HUDA AL BARKAH BOGOR)

MUHAMMAD ASEP IHSANNUL HAK, NPM : 188020148 (2022) MANAJEMEN KURIKULUM PESANTREN INTEGRATIF (PENELITIAN DI PONDOK PESANTREN MIFTAHUL HUDA AL BARKAH BOGOR). Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
Artikel Muhammad Asep Ihsannul Hak.docx

Download (51kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan perencanaan kurikulum integratif di Pondok Pesantren Miftahul Huda AL-Barkah, pelaksanaan kurikulum integratif di Pondok Pesantren Miftahul Huda AL-Barkah dan dan evaluasi kurikulum integratif di Pondok Pesantren Miftahul Huda AL-Barkah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. studi kasus dengan satuan analisis berupa kasus majemuk atau studi multisitus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi partisipasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, lalu penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil dari penelitian di Pondok Pesantren Miftahul Huda al-Barkah adalah mengetahui: 1) perencanaan kurikulum integratif pesantren-sekolah di dilakukan dengan: a) mengintegrasikan tujuan kurikulum dan b) mengintegrasikan pengorganisasian isi kurikulum. 2) Pelaksanaan kurikulum integratif pesantren-sekolah dilakukan dengan: a) mengintegrasikan program pelaksanaan kurikulum dan b) mengintegrasikan supervisi pelaksanan kurikulum. 3) Evaluasi kurikulum integratif pesantren-sekolah dilakukan dengan mengevaluasi kurikulum secara koordinatif antara pesantren dan sekolah, yang meliputi: a) evaluasi konteks kurikulum, b) evaluasi input kurikulum, c) evaluasi proses kurikulum dan d) evaluasi produk kurikulum. Kata Kunci: Manajemen Kurikulum Integratif, Kurikulum Sekolah, Kurikulum Pesantren.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2022
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 14 Jan 2022 06:47
Last Modified: 14 Jan 2022 06:47
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/54953

Actions (login required)

View Item View Item