PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DALAM ETNOMATEMATIKA BERBASIS E-LEARNING BERORIENTASI PADA PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN HABITS OF MIND SISWA SMK

NA’IMMATUR ROKHMAH, NPM. 208060012 (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DALAM ETNOMATEMATIKA BERBASIS E-LEARNING BERORIENTASI PADA PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN HABITS OF MIND SISWA SMK. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
NA’IMMATUR ROKHMAH_MPM copy.docx

Download (56kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Menghasilkan bahan ajar dalam pembelajaran matematika berbasis e-learning pada materi SPLDV dalam etnomatematika, dan (2) Menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis setelah menggunakan bahan ajar SPLDV dalam etnomatematika berbasis e-learning, (3) Analisis habits of mind siswa setelah menggunakan bahan ajar berbasis e-learning, (4) Analisis hubungan kemampuan pemecahan masalah dan habits of mind. Penelitian ini merupakan pengembangan R&D (Riset & Development) melibatkan 30 siswa SMK MVP Ars Internasional Bandung dengan menerapkan model Ploomp. Tahapan model Ploomp yaitu investigasi awal, perancangan, realisasi, evaluasi dan revisi, serta implementasi. Instrumen yang digunakan antara lain lembar validasi bahan ajar, wawancara, angket, dan tes kemampuan pemecahan masalah. Analisis data penelitian ini yaitu menggunakan uji chocran, uji perbandingan rerata, uji gain, dan uji korelasi. Hasil penelitian ini adalah: (1) Bahan ajar SPLDV dalam etnomatematika berbasis e-learning tergolong sangat layak berdasarkan evaluasi ahli materi, ahli media dan respon siswa, (2) Kemampuan Pemecahan masalah dengan menggunakan bahan ajar berbasis e- learning termasuk dalam kategori tinggi, (3) Kemampuan Habits of mind siswa tersamuk pada kategori sedang setelah belajar menggunakan bahan ajar yang dikembangkan, (4) tidak adanya korelasi antara kemampuan pemecahan masalah dengan habits of mind siswa. Sedemikian sehingga bahan ajar SPLDV dalam etnomatematika berbasis e-learning yaitu siswa lebih tertarik dalam belajar dan dapat menjadi referensi bagi guru dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata Kunci: Bahan ajar, Etnomatematika, E-learning, Kemampuan pemecahan masalah, Habits of mind

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2016
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 12 Jan 2022 03:10
Last Modified: 12 Jan 2022 03:10
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/54941

Actions (login required)

View Item View Item