EFEKTIVITAS MEDIASI TERHADAP PERKARA PERCERAIAN DI PENGADILAN AGAMA SUKABUMI DIHUBUNGKAN DENGAN PERATURAN MAHKAMAH AGUNG RI NOMOR 1 TAHUN 2016

Rikman Julian Maulana, 161000286 (2022) EFEKTIVITAS MEDIASI TERHADAP PERKARA PERCERAIAN DI PENGADILAN AGAMA SUKABUMI DIHUBUNGKAN DENGAN PERATURAN MAHKAMAH AGUNG RI NOMOR 1 TAHUN 2016. Skripsi(S1) thesis, FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB 1.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB 2.pdf

Download (277kB) | Preview
[img] Text
9. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] Text
10. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[img] Text
11. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
Text
12. DAF PUSTAKA.pdf

Download (103kB) | Preview

Abstract

Interaksi sosial dalam rumah tangga terkadang menyebabkan konflik di antara suami dan istri sehingga dapat menyebabkan perceraian. Sebelum menginjak persidangan, pihak yang bersengketa terlebih dahulu diupayakan melalui mediasi berdasarkan Peraturan Mahkamah Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2016. Mediasi memiliki peran untuk merukunkan kembali pasangan suami istri yang tengah konflik. Adanya upaya mediasi yang terintegrasi ke dalam proses acara di pengadilan diharapkan dapat menjadi salah satu instrumen efektif untuk mengatasi masalah penumpukan perkara di pengadilan. Tingkat perceraian di Kota Sukabumi relatif tinggi. Hal ini menjadi problematika dan patut dipertanyakan keefektifan mediasi di Pengadilan Agama Sukabumi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas mediasi, menganalisis penghambat mediasi, dan menemukan solusi agar mediasi di Pengadilan Agama Sukabumi dapat secara efektif. Spesifikasi penelitian bersifat deskriptif analitis dan menggunakan metode yuridis normatif dengan pendekatan kualitatif yang didukung pendekatan kuantitatif. Tahap penelitian meliputi penelitian kepustakaan dan lapangan, dengan teknik pengumpulan data studi dokumen dan studi wawancara sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis konten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas mediasi terhadap perkara perceraian di Pengadilan Agama Sukabumi belum sepenuhnya efektif sebab ditinjau dari keberhasilan mediasi yang rendah. Namun efektivitas dari segi penerapannya sudah efektif. Faktor penghambat mediasi yang paling berpengaruh ialah para pihak sudah bertekad untuk bercerai dan ketidakhadiran tergugat. Menyikapi persoalan ini, Pengadilan Agama Sukabumi terus berupaya untuk mengoptimalkan prosedur mediasi di pengadilan dengan melakukan evaluasi terhadap prosedur mediasi, melaksanakan mediasi melalui kaukus, dan upaya perdamaian melalui penasihatan hakim. Kata kunci : Efektivitas; Mediasi; Perkara Perceraian.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum 2022
Depositing User: Mr Hadiana -
Date Deposited: 06 Jan 2022 03:47
Last Modified: 06 Jan 2022 03:47
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/54908

Actions (login required)

View Item View Item