TANGGUNG JAWAB PT PANCA PUJI BANGUN DALAM PERJANJIAN KERJA TERHADAP PELAKSANAAN UPAH MINIMUM DI KOTA SURABAYA DIHUBUNGKAN DENGAN UNDANG-UNDANG NOMOR 13 TAHUN 2003 TENTANG KETENAGAKERJAAN

Febby Fatimatuzzahra, 161000030 (2022) TANGGUNG JAWAB PT PANCA PUJI BANGUN DALAM PERJANJIAN KERJA TERHADAP PELAKSANAAN UPAH MINIMUM DI KOTA SURABAYA DIHUBUNGKAN DENGAN UNDANG-UNDANG NOMOR 13 TAHUN 2003 TENTANG KETENAGAKERJAAN. Skripsi(S1) thesis, FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img]
Preview
Text
A. COVER.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
G. BAB 1.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
H. BAB 2.pdf

Download (240kB) | Preview
[img] Text
I, BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] Text
J. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] Text
K. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img]
Preview
Text
L. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (125kB) | Preview

Abstract

Pengupahan merupakan sisi yang paling rawan di dalam hubungan industrial maupun sektor formal lainnya. Di satu sisi upah adalah merupakan hak bagi karyawan sebagai imbalan atas jasa atau tenaga yang diberikan, di lain pihak pengusaha melihat upah sebagai biaya. Kesepakatan atas upah yang diberikan dari pengusaha kepada karyawan biasanya dituangkan dalam suatu perjanjian. Dalam hal ini tak jarang menimbulkan masalah seperti contohnya pengusaha yang tidak membayarkan upah yang sesuai kepada karyawannya yang menyebabkan pengusaha tersebut melakukan Wanprestasi. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah Bagaimana tanggung jawab PT. Panca Puji Bangun terhadap pekerja atau buruh yang mendapatkan upah dibawah upah minimum? Bagaimana pelaksanaan upah minimum di PT. Panca Puji Bangun Kota Surabaya dihubungkan dengan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan? Bagaimana penyelesaiannya bila pekerja atau buruh yang belum memperoleh upah minimum dari PT. Panca Puji Bangun? Dalam menganalisis hasil penelitian, peneliti menggunakan metode penelitian. Spesifikasi penelitian menggunakan deskriptis analitis, metode deskriptis analitis adalah bertujuan menggambarkan secara tepat sifat-sifat suatu individu, keadaan gejala atau kelompok tertentu untuk menentukan ada atau tidaknya hubungan antara suatu gejala dengan gejala lain dalam masyarakat. Metode pendekatan yang digunakan adalah pendekatan yuridis normatif. Yuridis Normatif merupakan metode penelitian hukum yang dilakukan dengan meneliti bahan pustaka atau data sekunder belaka. Penelitian ini bersifat yuridis normatif maka pendekatan yang digunakan adalah pendekatan perundang-undangan berkaitan dengan Pelaksanaan Upah Minimum. Analisis data dalam penulisan ini dilakukan terhadap data sekunder secara kualitatif. Keseluruhan data dari hasil penelitian kepustakaan dan data hasil penelitian lapangan yang telah di klasifikasikan selanjutnya dianalisis dengan menggunakan analisis yuridis kualitatif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Tanggung jawab PT. Panca Puji Bangun terhadap pekerja atau buruh yang mendapatkan upah dibawah upah minimum yakni dengan mengganti kerugian yang di derita oleh pihak pekerja atau buruh. Pelaksanaan upah minimum PT. Panca Puji Bangun Kota Surabaya jika dihubungkan dengan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan yakni pelaksanaan pemberian upah minimum oleh PT Panca Puji Bangun kepada 10 orang pekerja/buruh merupakan suatu tindakan yang tidak sesuai jika dilihat berdasarkan Pasal 88 ayat (1) dan ayat (2) Undang-Undang Nomor 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, penyelesaiannya bila pekerja atau buruh yang belum memperoleh upah minimum dari PT. Panca Puji Bangun yakni dengan melaporkan PT Panca Puji Bangun atas Wanprestasi yang telah dilakukan. Kata Kunci: Tanggung Jawab, Perjanjian Kerja, Upah minimum.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum 2022
Depositing User: Mr Hadiana -
Date Deposited: 06 Jan 2022 03:08
Last Modified: 06 Jan 2022 03:08
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/54907

Actions (login required)

View Item View Item