EFEKTIVITAS APLIKASI ETNO-EDUGAMES UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF SISWA

KUSNIAWATI, RAFA ALIFYA, 175040053 (2021) EFEKTIVITAS APLIKASI ETNO-EDUGAMES UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF SISWA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan Kumplit.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (284kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (463kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (289kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifitasan penggunan aplikasi EtnoEdugames dalam meningkatkan berpikir kreatifitas siswa. Subjek dalam penelitian ini yaitu kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 di SMA Angkasa , sampel yang diambil adalah sebanyak 30 orang kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan 30 orang XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental dengan menggunakan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Parameter yang diukur adalah efektivitas aplikasi etno-edugames untuk meningkatkan berpikir kreatif siswa dan penilaian terhadap aplikasi etnoedugames. Hasil penelitian pada efektifitas aplikasi etno-edugames untuk meningkatkan berpikir kreatif siswa pada kelas eksperimen mendapatkan nilai ratarata n-gain score sebesar 64% termasuk kedalam kategori cukup efektif. sedangkan untuk rat-rata n-gain score untuk kelas kontrol adalah sebesar 27% termasuk kedalam tidak efektif. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi EtnoEdugames cukup efektif dalam proses kegiatan pembelajaran pada materi sistem pencernaan. Hasil dari uji independent sample t Test menunjukkan bahwa sig 0,00 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa ada perubahan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil kusioner penilaian terhadap aplikasi etno-edugames pada kelas eksperimen dengan hasil presentase 77% indikator daya tarik tampilan aplikasi etno-edugames masuk kedalam kategori baik, 78,5% indikator penilaian media pembelajaran termasuk kedalam kategori baik, 79% indikator akses terhadap aplikasi etno-edugames masuk kedalam kategori baik dan 79,5% indikaator peningkatan berpikir kreatif siswa masuk kedalam kategori baik. Maka dari keempat indikator yang telah di analisis dapat kita simpulkan empat indikator tersebut masuk kedalam kategori baik. Hal ini menunjukkan bahwa aplikasi etno-edugames sudah termasuk kategori baik untuk digunakan dalam proses kegiatan pembelajaran. Kata Kunci: Aplikasi Etno-Edugames, Berpikir Kreatif Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2021
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 30 Dec 2021 03:30
Last Modified: 30 Dec 2021 03:30
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/54881

Actions (login required)

View Item View Item