IDENTIFIKASI INTENSITAS PENGGUNAAN DAN STRATEGI PENGEMBANGAN ANGKUTAN PENUMPANG UMUM (STUDI KASUS : ANGKUTAN PENUMPANG UMUM BUS TRANS METRO BANDUNG KORIDOR III TERMINAL CICAHEUM – SARIJADI)

Desthio Andrawinata Hidayat, Hidayat (2021) IDENTIFIKASI INTENSITAS PENGGUNAAN DAN STRATEGI PENGEMBANGAN ANGKUTAN PENUMPANG UMUM (STUDI KASUS : ANGKUTAN PENUMPANG UMUM BUS TRANS METRO BANDUNG KORIDOR III TERMINAL CICAHEUM – SARIJADI). Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan.

[img]
Preview
Text
173060045-Desthio Andrawinata.pdf

Download (837kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Pertumbuhan penduduk di Kota Bandung yang sangat tinggi sehingga memerlukan dukungan sektor transportasi untuk memfasilitasi pertumbuhan. Penambahan ruas jalan dan jumlah kendaraan tiap tahun di Kota Bandung tidak seimbang, hal ini menyebabkan penurunan kinerja jalan yang berdampak terhadap terjadinya kemacetan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi intensitas penggunaan dan strategi pengembangan angkutan penumpang umum Bus Trans Metro Bandung Koridor III Terminal Cicaheum – Sarijadi. Variabel yang digunakan, yaitu tarif moda, waktu perjalanan, dan kualitas perjalanan dengan menggunakan indikator keamanan, keselamatan, kenyamanan, kemudahan, murah, waktu tempuh yang singkat, dan waktu menunggu kendaraan tiba yang tidak lama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan kualitatif yang terdiri dari analisis uji statistik, analisis deskriptif, dan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Intensitas penggunaan Bus Trans Metro Bandung Koridor III Terminal Cicaheum - Sarijadi berada dalam kurun waktu 2 -3 hari dalam seminggu yang dipengaruhi oleh variabel – variabel yang digunakan. Kemudian terdapat strategi pengembangan yang perlu dilakukan sehingga intensitas penggunaan Bus Trans Metro Bandung Koridor III Terminal Cicaheum – Sarijadi dalam kurun waktu seminggu dapat meningkat. Kata Kunci: Intensitas Penggunaan, Faktor – Faktor Berpengaruh , Strategi Pengembangan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Planologi 2021
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 21 Dec 2021 03:44
Last Modified: 21 Dec 2021 03:44
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/54799

Actions (login required)

View Item View Item