PENGARUH KEPATUHAN PRILAKU USAHA HOTEL DALAM MENERAPKAN PROGRAM CHS TERHADAP KEPERCAYAAN KONSUMEN HOTEL DI KOTA BANDUNG

MOHAMAD KODRAT SANTOSA, NPM : 178010021 (2021) PENGARUH KEPATUHAN PRILAKU USAHA HOTEL DALAM MENERAPKAN PROGRAM CHS TERHADAP KEPERCAYAAN KONSUMEN HOTEL DI KOTA BANDUNG. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img]
Preview
Text
MOHAMAD KODRAT SANTOSA.pdf

Download (146kB) | Preview

Abstract

Sebagai penopang ekonomi, sektor Pariwisata tidak luput dari dampak ekonomi akibat Covid-19. Secara global, dampak ekonomi Covid-19 terhadap pariwisata menunjukkan bahwa industri pariwisata termasuk dalam kategori “potensial losers” bersama dengan industri penerbangan dan angkutan laut, otomotif, konstruksi dan real estate, manufaktur non esensial, layanan keuangan, dan pendidikan. Kota Bandung sebagai kota tujuan favorit kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara pun terkena imbas akibat pandemi Covid-19. Untuk memulihkan kondisi sektor pariwisata, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) telah mempersiapkan pembukaan kembali pariwisata Indonesia di era new normal atau normal baru selama pandemi Covid-19. Adapun kebijakan yang diambil oleh Kemenparekraf adalah dengan menjadikan protokol kesehatan sebagai landasan utama penyelenggaraan industri pariwisata Indonesia ke depan. Salah satu program yang dicanangkan dari kebijakan tersebut adalah Program CHS. Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh kepatuhan pelaku usaha dalam menerapkan program CHS terhadap kepercayaan konsumen hotel di Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode explanatory survey. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling atau mengambil sampel secara acak. Penelitian ini merupakan penelitian dua variabel, yaitu Kepatuhan variabel bebas (X) dan Kepercayaan konsumen hotel sebagai variabel terikat (Y). Hasil penelitian menunjukkan Kepatuhan pelaku usaha hotel dalam menerapkan program CHS berpengaruh secara signifikan terhadap Kepercayaan konsumen hotel di Kota Bandung. Saran yang diberikan peneliti adalah sebaiknya terus dilakukan upaya-upaya untuk meningkatkan dimensi Kepatuhan pelaku usaha hotel agar senantiasa dapat memberikan kontribusi positif dalam dalam meningkatkan Kepercayaan konsumen hotel di Kota Bandung. Selain itu agar program CHS bukan hanya program yang bersifat insidentil yang berbicara dalam konteks pandemi Covid-19 belaka. Kebersihan, Kesehatan dan Keselamatan hendaknya diintegrasikan lebih lanjut dalam industri pariwisata di Indonesia Kata Kunci : Covid-19, Pariwisata, Kepatuhan, dan kepercayaan Konsumen

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Administrasi dan Kebijakan Publik 2021
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 20 Dec 2021 04:19
Last Modified: 11 Oct 2023 02:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/54794

Actions (login required)

View Item View Item