MANAJEMEN KOMUNIKASI TNI DALAM MENGKOMUNIKASIKAN PROTOKOL KESEHATAN DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS PADA PENERAPAN DI LINGKUNGAN EKSTERNAL TNI PADA WILAYAH KODAM JAYA GUNA MEMBANTU PEMERINTAH DALAM MENCIPTAKAN KONDISI NYAMAN DI MASYARAKAT)

FRANSISCO, NPM : 188080008 (2021) MANAJEMEN KOMUNIKASI TNI DALAM MENGKOMUNIKASIKAN PROTOKOL KESEHATAN DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS PADA PENERAPAN DI LINGKUNGAN EKSTERNAL TNI PADA WILAYAH KODAM JAYA GUNA MEMBANTU PEMERINTAH DALAM MENCIPTAKAN KONDISI NYAMAN DI MASYARAKAT). Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
Artikel Fransisco.doc

Download (379kB)

Abstract

MANAJEMEN KOMUNIKASI TNI DALAM MENGKOMUNIKASIKAN PROTOKOL KESEHATAN DI MASA PANDEMI COVID-19. (Studi Kasus Pada Penerapan di Lingkungan Eksternal TNI pada Wilayah Kodam Jaya Guna Membantu Pemerintah Dalam Menciptakan Kondisi Nyaman di Masyarakat) Tentara Nasional Indonesia (TNI) melakukan Operasi Selain Perang (MOOTW) untuk membantu pemerintah di masa pandemi Covid-19 yang telah menjadi bencana kesehatan yang masif dan meluas. Kajian difokuskan pada manajemen komunikasi TNI khususnya pada peran satuan-satuan daerah. Paradigma dalam penelitian ini adalah post-positivis dengan pendekatan kualitatif yaitu penelitian studi kasus. Pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling yang terdiri dari 8 petugas. Dari penelitian tersebut ditarik kesimpulan: Pertama, peneliti menemukan bahwa secara internal institusi militer dalam hal ini TNI AD sebagai institusi militer memiliki karakter komunikasi yang instruktif, namun militer menunjukkan arus komunikasi dua arah yang dapat bersifat top- down pada suatu saat dan juga bottom up pada waktu dan situasi yang lain sehingga adaptif dalam mengkomunikasikan protokol kesehatan di Kodam Jaya. Kedua, komunikasi TNI AD dalam upaya komunikasi interpersonal, kelompok, organisasi, massa telah dilakukan dan digunakan oleh anggota TNI Kodam Jaya (Babinsa) untuk menyampaikan informasi tata cara kesehatan pencegahan Covid-19 kepada masyarakat. Pendekatan komunikasi yang digunakan anggota TNI Kodam Jaya (Babinsa) dalam upaya pencegahan Covid-19 kepada masyarakat sekitar, adalah komunikasi instruktif sekaligus komunikasi persuasif. Kata kunci: Covid-19, manajemen komunikasi, TNI, Babinsa

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Ilmu Komunikasi 2021
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 18 Dec 2021 07:31
Last Modified: 18 Dec 2021 07:31
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/54789

Actions (login required)

View Item View Item