Upaya Meningkatkan Kinerja Pengurus Berdasarkan Implikasi Komitmen Affektif Pengurus Melalui Kepemimpinan Visioner, Partisipasi Anggota Dan Kompetensi Pengurus Koperasi Di Lingkungan Paguyuban Pasundan (STUDI EMPIRIS PADA KOPERASI DI LINGKUNGAN PAGUYUBAN PASUNDAN JAWA BARAT)

Farid Riadi, NPM: 179010044 (2021) Upaya Meningkatkan Kinerja Pengurus Berdasarkan Implikasi Komitmen Affektif Pengurus Melalui Kepemimpinan Visioner, Partisipasi Anggota Dan Kompetensi Pengurus Koperasi Di Lingkungan Paguyuban Pasundan (STUDI EMPIRIS PADA KOPERASI DI LINGKUNGAN PAGUYUBAN PASUNDAN JAWA BARAT). Disertasi(S3) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Farid Riadi_DIM copy.docx

Download (216kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini didasarkan pada fenomena bahwa kinerja pengurus koperasi di lingkungan Paguyuban Pasundan belum berjalan optimal sehingga pencapaian koperasi kurang sesuai dengan apa yang diharapkan. Hal tersebut diduga karena belum maksimalnya komitmen affektif yang dimiliki yang diakibatkan oleh kepemimpinan visioner yang kurang maksimal, partisipasi anggota yang kurang memadai serta kompetensi pengurus yang belum optimal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan visioner, partisipasi anggota dan kompetensi pengurus terhadap komitmen affektif dan implikasinya terhadap kinerja pengurus. Populasi penelitian ini adalah Anggota Koperasi Dilingkungan Paguyuban Pasundan. Teknik pengambilan sampel berdasarkan Clustered Proportionate Stratified Random Sampling, menggunakan metode pengujian statistik, sedangkan metode penelitiannya menggunakan metode kuantitatif dengan pemaparan secara deskriptif dan verifikatif. Jumlah responden 318 orang Anggota Koperasi di Lingkungan Paguyuban Pasundan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa terdapat pengaruh simultan kepemimpinan visioner, partisipasi anggota dan kompetensi pengurus terhadap komitmen affektif sebesar 80,40 %. Variabel kepemimpinan visioner merupakan variabel dominan yang mempengaruhi komitmen afektif. Sedangkan implikasi pengaruh komitmen afektif terhadap kinerja pengurus sebesar 88,80%. Kata Kunci: Kinerja Pengurus, Komitmen Affektif, Kepemimpinan Visioner, Partisipasi Anggota Dan Kompetensi Pengurus Koperasi Di Lingkungan Paguyuban Pasundan.

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Manajemen 2021
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 18 Dec 2021 06:10
Last Modified: 18 Dec 2021 06:10
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/54788

Actions (login required)

View Item View Item